ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Senin, 18 Maret 2013

Disiapkan Asrama untuk Calon Mahasiswa NU di UI

=============
Disiapkan Asrama untuk Calon Mahasiswa NU di UI
====================================
Jakarta, NU Online
Keengganan mahasiswa asal daerah untuk berkuliah di Universitas Indonesia (UI) salah satunya disebabkan masalah biaya SPP UI yang cukup tinggi dan biaya hidup (living cost) di Jakarta yang cukup mahal.

Karenanya sejumlah alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UI mencari terobosan inovatif dengan merintis pendirian Student Center, berupa asrama mahasiswa yang berlokasi di Depok, tidak jauh dari kampus UI. Asrama ini disiapkan bagi mahasiswa UI dari luar Jakarta yang sebagian besar berkultur nahdliyin.

Para alumni PMII UI yang bergabung dalam Forum Alumni PMII UI pada Sabtu 16 Maret mengadakan soft launching "Student Center NU (Nusantara Unggul) Makara” yang beralamat di Jalan Yahya Nuih Margonda Depok.  Student Center tersebut menempati rumah 2 lantai yang dapat menampung beberapa mahasiswa.

Dijadwalkan pada bulan Agustus 2013 bersamaan dengan penerimaan mahasiswa baru UI, Student Center NU Makara akan merekrut dan menyeleksi mahasiswa UI yang dinilai berprestasi dan berpotensi untuk menjadi penghuni asrama mahasiswa Student Center NU Makara.

Selama setahun, para mahasiswa UI yang terpilih menjadi penghuni asrama akan diberikan pelatihan kepemimpinan (leadership), manajemen, kajian kitab kuning, dan program pengembangan karakter lainnya.

Mereka juga akan menerima beasiswa living cost sebesar Rp. 700.000,-/bulan.  Diharapkan setelah menjalani setahun proses pengembangan karakter di Student Center, mereka akan lebih siap menjalani kehidupan kampus di tahun kedua perkuliahan dengan aktif berorganisasi tanpa mengabaikan prestasi akademiknya.

Pada kesempatan soft launching Student Center NU Makara tersebut, H Muhyidin Arubusman (Ketua PBNU) turut hadir memberikan sambutan dan menandatangani prasasti peresmian Student Center NU Makara yang disaksikan oleh Alfanny (Ketua Umum Forum Alumni PMII UI), Ahmad Suaedy (Direktur Abdurrahman Wahid Center UI), Gunawan Admaja (Alumni PMII UI/Dosen FTUI), Nurlyta Hafiyah (Alumni PMII UI/Dosen Fak. Psikologi UI), Woro Rahmat (Ketua PMII Depok), Ahmad Fauzi dan Abdurrahman (Mantan Ketua PMII Depok) serta puluhan alumni dan kader PMII UI.

Menurut Alfany, program Student Center NU Makara selain menyediakan asrama mahasiswa berbeasiswa juga mengadakan Pesantren Kilat Sukses Masuk PTN yang pada tahun 2013 ini akan diadakan di sejumlah kota antara lain Jakarta, Depok, Bandung dan kota lainnya.
Foto: Alfanny (Ketua Umum Forum Alumni PMII UI)

sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,43127-lang,id-c,nasional-t,Disiapkan+Asrama+untuk+Calon+Mahasiswa+NU+di+UI-.phpx