ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Kamis, 07 Maret 2013

Pesan Keadilan dari Hugo Chaves(presiden Venuzeula tersebut merupakan sosok yang berani melawan ketidakadilan Barat dan khsusunya Amerika Serikat ketika dipimpin Presiden George W Bush)

============
YENNY WAHID*
Pesan Keadilan dari Hugo Chaves
=========================
Wafatnya Presiden Hugo Chavez Maduro  tentu membuat dunia terperangah, kaget dan sekaligus terkagum-kagum karena presiden Venuzeula tersebut merupakan sosok yang berani melawan ketidakadilan Barat dan khsusunya Amerika Serikat ketika dipimpin Presiden George W Bush.
Dan, terbukti Venezeula kemudian menjadi negara yang mandiri, kuat, dan disegani oleh dunia internasional. Karena itu, wajar jika dunia berkabung atas wafatnya sang pejuang keadilan tersebut.

Di Indonesia, Hugo Chavez hadir dalam pertemuan puncak G-15 yang dihadiri seluruh negara peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-11 Group 15 (KTT G-15 ke-11), dan mendukung usulan Indonesia untuk mengeluarkan deklarasi yang berisikan hasil-hasil penting KTT serta proyeksi kerja sama antar negara G-15 mengenai pemanfaatan teknologi informasi di negara-negara berkembang.

Dalam pertamuan itu KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai Presiden RI sekaligus selaku tuan rumah, tampak akrab dengan Presiden Venezeula Hugo Chavez Meduro tersebut. Bahkan saya yang mendampingi ayah mendapat pesan khusus secara tertulis dari Hugo Chavez pada Sabtu, 26 Mei 2001 itu. Pesan itu masih tersimpan dalam buku sketsa Yenny. Berikut petikannya:

- Bunyi pesan Chavez itu adalah : Zannuba, Estos trazos fueron hechos, porti y tu angel, mienuos oramos y discutiamos acerca de los principales problemos del mundo. Que queden como testimonio perenne de nuestros suenos de justicio. Hugo Chavez.

- Artinya : Zannuba, gambar yang engkau buat ini dengan talentamu, ketika kita sedang mendiskusikan masalah-masalah besar dunia, biarlah gambar itu menjadi testamen atas mimpi kita akan keadilan.  Hugo Chavez Frias

Saya diminta Hugo Chavez untuk terus melanjutkan perjuangan Gus Dur dalam menegakkan kebenaran dan keadilan, khususnya ketika berhadapan dengan penguasa negara yang dzolim. Dan, dalam perjuangan itu jangan sampai berputus asa sampai akhir hayat. Kepentingan rakyat adalah segalanya.

Bagi saya, pesan itu sangat berarti sekali, dan akan selalu menjadi pengingat untuk selalu berjuang bagi keadilan, seperti yang dicita-citakan Hugo Chavez dan juga Gus Dur, ayah saya.

Chavez adalah pempimpin yang berani melawan hegemoni Barat. Terlepas dari benar atau tidak caranya yang dilakukan dalam melawan Barat itu, dia melihat ada ketidakadilan yang terjadi akibat  sistem superkapitalis yang hanya menekankan pada akumulasi kapital bagi kepentingan diri dan kelompoknya saja, sementara sebagian besar masyarakat dunia hanya bisa menjadi penonton bahkan korban ketidakadilan tersebut.

Saya akan memperjuangkan pesan itu demi martabat, harkat, dan kedaulatan rakyat dan negara Indonesia, yang kita cintai ini.  Selamat jalan Comandante Chavez, kami akan merindukanmu! 

sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,4-id,42973-lang,id-c,kolom-t,Pesan+Keadilan+dari+Hugo+Chaves-.phpx