ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Senin, 04 Maret 2013

PBNU: PWNU Minimal harus Punya 1 Universitas

===================
PBNU: PWNU Minimal harus Punya 1 Universitas
================================
Jakarta, NU Online
NU dikenal dengan jumlah pesantrennya yang saat ini sudah mencapai sekitar 20 ribu, tetapi dalam pengembangan perguruan tinggi, NU masih perlu usaha lebih keras. Salah satu rekomendasi muktamar ke-32 NU adalah pengembangan pendidikan tinggi NU.

"Setiap PWNU minimal harus punya 1 universitas," kata sekjen PBNU H Marsudi Syuhud dalam acara lokakarya pembinaan perguruan tinggi NU di Jakarta, 2/8.

Untuk mencapai target tersebut, ia menegaskan perlunya kerjasama berbagai pihak mengingat banyaknya energi yang diperlukan dalam pendirian perguruan tinggi.

Salah satu kendala yang cukup besar adalah biaya yang diperlukan dalam pendirian sebuah program studi, yang diperkirakan mencapai sekitar 3 milyar rupiah. Sebuah universitas tentu minimal memerlukan biaya awal sampai 50 milyar.

 "Tentu ini bukan perkara yang mudah, karena itu diperlukan kerja bareng. PBNU siap memberikan dukungan jika memang diperlukan," tandasnya.

Saat ini yang sudah mendapat izin operasional adalah Universitas NU (UNU) Cirebon dan UNU Maluku Utara dan sedang dalam proses UNU Sidoarjo.

"Kepada yang sudah berhasil, diharapkan memberikan pengalamannya kepada wilayah lain dalam pertemuan ini," paparnya.

Marsudi meminta agar persiapan-persiapan pendirian perguruan tinggi NU ini dilakukan secepatnya agar upaya pengembangan pendidikan tinggi di lingkungan NU segera terwujud.

Ia menekankan, setiap Universitas NU dalam badan hukumnya harus menyertakan PBNU sebagai ex officio agar bisa terlibat dalam penentuan kebijakan dalam perguruan tinggi tersebut.

sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,39083-lang,id-c,nasional-t,PBNU++PWNU+Minimal+harus+Punya+1+Universitas-.phpx