ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 03 Juli 2013

Alwi Shihab: Gus Dur Manusia Istimewa

=======
Alwi Shihab: Gus Dur Manusia Istimewa
============================
Jakarta, NU Online
Alwi Syihab, mantan Menlu era Kepresidenan Gus Dur menilai cucu KH Hasyim Asy’ari ini memang memiliki banyak keistimewaan, tapi apakah keistimewaan tersebut menunjukkan predikatnya sebagai wali, ia tak dapat memastikan.

“Dia orang cerdas, pandangannya jauh ke depan. Banyak sifat istimewa yang ada pada Gus Dur, tapi kalau kita mengatakan apakah itu karomah, itu punya persyaratan tertentu, saya tidak tahu,” katanya.

Alwi yang juga ahli tasawwuf ini menegaskan, predikat wali memang tidak biasa orang mengatakan secara terbuka, karena identitas itu hanya miliki kelompok tertentu saja, atau diantara para wali sendirilah yang tahu. Idiom yang sangat terkenal adalah La ya'ariful wali, illal wali atau yang tahu wali hanya wali.

Dalam pandangan ilmu tasawwuf, wali merupakan temannya Tuhan dan mereka diberi ilmu khusus oleh Tuhan, dan yang diberi tahu juga hanya orang-orang khusus.

“Gus Dur orang yang isitmewa, memiliki talenta yang beragam, tetapi jangan dimasukkan dalam istilah-istilah tasawwuf,” tegasnya.

sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,44101-lang,id-c,nasional-t,Alwi+Shihab++Gus+Dur+Manusia+Istimewa-.phpx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar