ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Minggu, 07 Juli 2013

Tips Merakit & Memilih Hardware Komputer

=========
Tips Merakit & Memilih Hardware Komputer
=========================

Berikut tips untuk membeli / merakit pc, karena trend teknologi tahun ini sudah berbeda dengan teknologi tahun-tahun sebelumnya. Komponen komputer saat ini sangat cepat mengalami perubahan. Jadi, kalaupun kita membeli motherboard superior untuk komputer rakitan di tahun 2007 seperti saat ini, mungkin kita akan menyesal kalau era multicore bisa masuk ke kancah prosesor dan kita akan kesulitan untuk meng-upgrade pc tersebut.

Kalau zaman dulu, era processor masih menggunakan die (inti processor) yang sama tidak banyak berubah, soket 370 dan soket A AMD masih menjadi hal yang terus terngiang. Namun sekarang, soket 754 keluar, setelah itu disusul generasi berikutnya yaitu soket 939 AMD. Soket 939 belum sempat punya sudah keluar lagi soket AM2. Begitu juga dengan intel Pentium, mengalami perubahan soket dalam kurun waktu yang sangat singkat, mulai dari soket 478 sampai sekarang ke soket LGA 775. Sehingga untuk mengatasi ini, kita tidak bisa berkutat untuk berharap dapat meng-upgrade processor dalam tingkat generasi yang berbeda dengan soket yang sama. Kemungkinanya kecil sekali.

Membeli pc tahun 2007 ini akan lebih memfokuskan ke Komponen pendukung, bukan motherboard lagi, dahulu mungkin kita beli motherboard tercanggih dan harga yang sangat tinggi dengan berharap dapat mengupgrade processor, harddisk, memory, kartu grafis dan lainya di waktu depan. Sekarang mungkin sudah tidak bisa seperti itu lagi.

Hal hal yang harus di perhatikan untuk membeli pc di tahun 2007 ini adalah:

1. Pilihlah komponen motherboard yang memiliki kapasitas memory yang besar, 2GB, 4GB atau lainya, dengan jumlah slot yang cukup memadai, hal ini perlu diperhatikan, karena untuk dapat support aplikasi multicore pasti akan membutuhkan banyak resource memory. Sehingga, ketersediaanya slot untuk upgrade memory akan menjadikan jalan yang baik untuk waktu ke depanya.

2. Pilihlah soket processor terkini, baik itu untuk AMD (AM2) atau Intel (775), karena inilah tipe soket processor terbaru yang ada saat ini, dan setidaknya kita memiliki tenggang waktu untuk upgrade ke processor yang masih dalam generasinya.

3. Belilah Media penyimpanan yang lebih besar, 80GB sudah tidak memadai untuk saat ini (kecuali untuk pc kantor yang cuma untuk mengetik), mulai dari angka 160GB, karena berbagai macam jenis aplikasi, game, dan file, akan memakan space yang cukup signifikan. Disk 160GB tersebut dapat dipartisi. Artinya kita memisahkan sistem dan disk data, misanya 40GB dan 120GB.

4. Sudah saatnya untuk dual core, Mulailah untuk memilih processor dual core, Bisa AMD Athlon X2, atau Intel Dual Core, tidak perlu membeli processor yang dengan kecepatan clock tertinggi, sesuaikan saja dengan budget.

5. Gunakan LCD, lupakanlah teknologi CRT, LCD adalah sebuah teknologi hemat, memang kalau dari sisi harga CRT lebih murah dibandingkan LCD, tapi pernah kah kita menghitung biaya listrik yang dihabiskan tiap bulannya bila menggunakan CRT dibandingkan LCD ?

6. Sediakan Graphics Card yang memadai dan sesuai dengan anggaran. Saran saya tidak perlu menggunakan graphic card yang extreme (kecuali kalau kita seorang gamer), spesifikasi graphic card yang kita butuhkan hanyalah graphic card yang mendukung directX9C, itu saja, sisanya tergantung kemampuan budget.

7. Prepared for Vista, karena suatu saat, kita mungkin akan menggunakan sistem operasi ini, tidak semua graphic card dapat mendukung tampilan windows vista dengan maksimal. Terkecuali anda adalah pengguna linux, graphic card yang biasapun sudah mencukupi dan tampilannya juga lumayan bagus, seperti mandriva 2007 atau fedora core 6.

Semoga tips diatas dapat membantu anda yang berencana untuk membangun sebuah sistem komputer baru dan tidak terjebak dalam konsumerisme. Teknologi diciptakan untuk memudahkan hidup manusia (bagi yang mau belajar), bukan mempersulitnya. (Ardyan Novanto Arnowo)
 
 
sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,14-id,8687-lang,id-c,teknologi-t,Tips+Merakit+++Memilih+Hardware+Komputer-.phpx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar