ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Minggu, 07 Juli 2013

Masjid Agung Solo Seragamkan Tarawih 20 Rakaat

============
Masjid Agung Solo Seragamkan Tarawih 20 Rakaat
============================
Solo, NU Online
Pengurus Masjid Agung Solo berencana menyeragamkan bilangan rakaat sholat tarawih menjadi 20 rakaat. Rencana tersebut akan diberlakukan pada Ramadhan 1434 H atau tahun ini. Hal tersebut diungkapkan Koordinator Ibadah Syariah Masjid Agung Solo, Saiful Hadi.

“Rencana bilangan sholat tarawih kami satukan atau seragamkan menjadi 20 rakaat. Namun sampai sekarang belum final, karena sejumlah imam masjid belum terkumpul,” jelasnya, Rabu (3/7) lalu.

Saiful mengatakan penyeragaman bilangan rakaat akan disampaikan kepada seluruh pengurus dan jamaah. Tahun lalu di Masjid Agung terdapat 2 versi, yakni 8 dan 20 rakaat. Sementara witir masih sama yakni 3.

“Kalau dulu, jamaah sholat tarawih 8 rakaat menempati masjid utama, sedangkan jamaah yang mengikuti 20 rakaat di pawastren masjid,”

Alasan penyeragaman tersebut, menurutnya untuk mengembalikan tradisi pendahulu yang melaksanakan 20 rakaat. Selain itu, ditinjau dari hukum Islam, tidak diperbolehkan dalam satu masjid melaksanakan sholat dengan dua imam dalam satu waktu sholat bersamaan. Penyeragaman ini juga mengefektifkan tempat, dimana semua pelaksaan sholat akan dilaksanakan di ruang utama masjid.

Secara teknis, dia mempersilakan jamaah menentukan pilihannya. “Kami tidak memaksakan jamaah untuk mengikuti tarawih 20 rakaat. Karena masjid ini milik semua umat Islam,” pungkasnya.

sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,2-id,45654-lang,id-c,daerah-t,Masjid+Agung+Solo+Seragamkan+Tarawih+20+Rakaat-.phpx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar