ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Minggu, 07 Juli 2013

Kriminalitas di Dunia Maya

=========
Kriminalitas di Dunia Maya
==================

Beberapa waktu lalu berselang sekitar 2 hari setelah NU Online mengadakan acara lokakaya para ahli dan peminat teknologi informasi (TI) di lingkungan Nahdlatul Ulama, beredar kabar bahwa telah terjadi deface dan penerobosan sistem keamanan pada beberapa website milik institusi besar baik di dalam maupun luar negeri.
Diantaranya adalah situs PBB www.un.org yang terkena deface dan berisi pesan yang berbunyi: "Hacked By kerem125 M0sted and Gsy That is CyberProtest Hey Ysrail and Usa dont kill children and other people Peace for ever No war." (Dirusak oleh kerem125, MOsted, dan Gsy yang memprotes melalui internet agar Ysrail dan Usa tidak membunuh anak-anak dan sesama manusia. Damai selamanya. Jangan berperang).
Sedangkan dari dalam negeri ada 16 situs lokal yang 6 diantaranya adalah situs yang masih menyangkut pemerintahan yang terkena deface antara lain:
1.http://www.kajen.go.id/hut.htm
2.http://www.depdiknas.go.id/
3.http://disnakerkarawang.go.id/
4.http://www.bazisdki.go.id/hut.htm
5.http://depnakertrans.net/
6. http://dikmas.com/hut.htm
Situs-situs tersebut telah diubah tampilannya secara paksa (deface) dengan tampilan berbau kemerdekaan, diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebagai back sound.
Pada tanggal 31 Agusuts 2007, telah terjadi kembali peristiwa defacement (pengubahan tampilan) pada situs-situs milik Malaysia. Hal ini adalah buntut dari insiden pemukulan wasit karate Indonesia di Malaysia, karena pemerintah Malaysia tidak mau meminta maaf dan pemerintahan Indonesiapun terkesan berdiam diri dan tidak berani menuntut permohonan maaf, maka para aktivis peretas dunia maya mulai melakukan penyerangan sebagai bentuk rasa kekecewaan dan protes. Tak kurang dari 20 situs, sebagian besar berakhiran .com.my, telah diubah tampilannya oleh pelaku. Mereka mengidentifikasikan diri dengan sebutan seperti 'indonesian hacker' atau 'indonesian deface community'. Beberapa situs milik Malaysia yang terkena serangan adalah :
http://free.com.my/data/index.htm
http://free.com.my/config-inc.php
http://wed.com.my//modules/indexd.php
http://mobile.com.my/images/
http://pay.hileytech.com/shop1/
http://pay.waterfilter.com.my/phpMyAdmin/index.html
http://realestate.net.my/pages/
http://k2.upm.edu.my/
http://www.ktdi.upm.edu.my/components/
http://www.i-sukan.upm.edu.my/flash/
http://www.pkk.upm.edu.my/components/
http://www.ilamalaysia.org/media/
http://www.herbamalaysia.net/
http://www.herbamalaysia.net/images/hacked.htm
http://www.my-jnz.com/index.htm
http://www.kasihsayangku.com/kedaiku/images
http://bacalah.info/phproxy/leqhi.htm
http://www.patriotisme.net.my/
http://adventuresports.com.my/
http://ansaraseremban.org.my/albums/mly.htm
http://www.perdana.net.my/albums/mly.htm
http://ciscotechnology.com.my/leqhi.htm
http://www.gemilangterbilang.com.my/
http://www.alumnibestari.org.my/
http://www.perindu.com/ejat/wp-content
http://www.myconsult.com.my/public_html/forum
http://www.ppi.uum.edu.my/forum
http://edc.uum.edu.my/index.html
http://www.libertycup.com.my/indek.html
http://www.legendtours.com.my/
Ini merupakan bukti bahwa tingkat kejahatan dan juga sekaligus tingkat kepandaian pengguna internet di Indonesia pada dunia maya semakin meningkat, walau apapun motivasinya tetap saja penerobosan sistem keamanan adalah sebuah tindak kejahatan, seperti halnya diungkapkan oleh Petrus Golose Kepala Laboratorium Cyber Crime mabes POLRI saat menjadi pemateri dalam lokakarya TI NU itu. Bahwasannya seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan internet oleh masyarakat dunia dan Indonesia pada khususnya, maka tingkat kerawanan dalam dunia maya itupun juga semakin tinggi.
Perkembangan dunia teknologi informasi dan telekomunikasi dan perkembangan dunia kejahatan dunia maya berjalan beriringan bagaikan 2 sisi mata uang, saya sebutkan bagai 2 sisi mata uang karena tanpa adanya peretas (hacker) maka tidak akan pernah ada perkembangan dan perbaikan program-program komputer. Hal ini juga akan berdampak pada tidak akan ada perkembangan perangkat keras komputer, sebab laju perkembangan kemajuan perangkat keras komputer pada dasarnya adalah mengikuti laju pertumbuhan dan perkembangan program aplikasi dan sistem operasi.
Semakin tinggi tingkat keamanan sebuah sistem operasi maka akan menuntut spesifikasi perangkat keras yang semakin tinggi pula, walupun hal itu tidak mutlak. Sebab pada lain hal terbukti bahwa sebuah web server yang menjalankan LINUX sebagai sistem operasinya tidak membutuhkan spesifikasi perangkat keras tinggi dan mahal seperti perangkat lunak berbayar (propetiary).
Seiring dengan waktu, internet menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat urban di kota-kota besar sebagai penunjang aktivitas pekerjaan sehari-hari maupun sebagai sarana mencari informasi. Sebagai pengguna internet, sebaiknya kita lebih meningkatkan kewaspadaan dalam berselancar di dunia maya tersebut. Mencegah lebih baik daripada mengobati, itu kata pepatah. Terbukti juga pada dunia komputasi, apabila sebuah komputer terserang virus atau peretas. Maka dapat dipastikan akan mengalami kesulitan untuk memperbaikinya dan bahkan dapat terjadi kehilangan data-data yang tersimpan pada komputer tersebut.
Sudah siapkah kita menghadapi era teknologi informasi dan telekomunikasi yang semakin berkembang pesat ini? Mau tidak mau kita harus mempersiapkan diri bila tidak ingin bangsa ini tertinggal dan tetap tertinggal seperti sekarang ini. Di dalam dunia maya harus kita sadari bahwa alone but not alone, meskipun kita sedang berselancar sendirian di suatu tempat tanpa diketahui siapapun, bukan berarti di dunia maya tersebut kita sendirian. Selalu persiapkan komputer atau laptop anda dengan firewall dan antivirus yang selalu diperbaharui database pengenalan virusnya.
Namun demikian, bentuk dari beberapa serangan peretas (hacker) dari dalam negeri di atas adalah sebagian dari refleksi rasa nasionalisme yang tinggi oleh mereka, sehingga pada saat eksistensi negaranya terusik dan pihak yang berwenang tidak berbuat apa-apa, mereka dengan segera berbuat sesuatu. Itulah salah satu korelasi ideologi nasionalisme yang mantab dengan kemampuan untuk menguasai teknologi.(Ardyan Novanto Arnowo)

sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,14-id,9907-lang,id-c,teknologi-t,Kriminalitas+di+Dunia+Maya-.phpx