ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT
Sistem Khilafah Dan Demokrasi (Hasil Bahtsul Masail PWNU Jatim 2009)
========
Sistem Khilafah Dan Demokrasi (Hasil Bahtsul Masail PWNU Jatim 2009)
Faham keagamaan Islam bertype ekstreem menunjuk system khilafa sebagai
satu-satunya system pemerintahan yang Islami dan kaffah, sedang
demokrasi yang cenderung menawarkan pilihan sikap dipandang tak dikenal
dalam Islam, karena hal itu mengurangi loyalitas pada syari’ah.
Pertanyaan:
a. Apakah system khilafah dalam pemerintahan yang Islami meupakan konsep baku dan tunggal?
Jawaban
Sistem khilafah merupakan masalah ijtihadiyah sebagaimana hasil keputusan hukum yang pada konferwil genggong tahun 2007.
1. الغيث الهامع على شرح جمع الجوامع ص : 790
قلت : مراده أنه عليه الصلاة والسلام لم يستخلف نصا أو تصريحا كما قدمته
وقد قال النووى فى شرح مسلم : فيه دليل على أن النبى صلى الله عليه وسلم لم
ينص على خليفة وهو إجماع أهل السنة وغيرهم.
2. المصدر السابق. ص : 17
لقد قرر القرآن تشريعا وحدودا وحلل وحرم وفرض فرائض منها ما يقوم به المرء
بنفسه ومنها ما هو عمل جماعى ومنها ما يحتاج فى تنفيذه إلى من يتولى الأمر
فيه وقد نص القرآن بصريح العبادة المسلمين إلى طاعة هؤلآء (يا أيها الذين
آمنوا أطيعوا الله وأطيع الرسول وأولى الأمر منكم) .... كما ندد القرآن
بالإستبداد والإستكبار وأثنى على الشورى والإحسان والعدل ..... ولكنه لم
ينص لا على أمة الإسلام يجب أن يتطابق معها ملك الإسلام أو دولة الإسلام
ولا على من يخلف الرسول فى تدبير شؤون هذه الأمة ولا حتى على ضرورة أن يكون
هناك من يخلفه فىذلك بل ترك المسئلة للمسلمين وكأنها داخلة فى قوله عليه
السلام أنتم أدرى بشؤون دنياكم. إهـ
3. الدين والدولة وتطبيق الشريعة لمحمد عابد الجابري. ص : 69
وأما العنصر الثالث فهو أن الخلافة بحسب رأى أهل السنة والجماعة إنما تكون
بالإختيار وليس بالنص, ذلك لأنه ما دام الصحابة قد تداولوا بعد وفاة رسول
الله, واختلفوا ثم اتفقوا وبايعوا أبا بكر فإن ذلك يعنى أن رسول الله لم
يعهد إلى أحد بالخلافة من بعده غير أن الإختيار فى نظرية الخلافة عند أهل
السنة والجماعة لا يتجاوز تقرير أن النبى لم ينص لأى أحد من بعده. أما
كيفية اختيار الخليفة فهذا موضوع تقرر فيه موازين القوى. فمن قام يطلب
الخلافة لنفسه وغلب بشوكته واستطاع أن يجمع الناس حوله راضين أو مكروهين
فهو الخليفة. اهـ
4. الفقه الإسلامى ج : 6 ص : 661-662
الإمامة العظمى أو الخلافة أو إمارة المؤمنين كلها تؤدى معنى واحدا وتدل
على وظيفة واحدة هى السلطة الحكومية العليا وقد عرفها علماء الإسلام
بتعاريف متقاربة فى ألفاظها متحدة فى معانيها تقريبا علما بأنه لا تشترط
صفة الخلافة وإنما المهم وجود الدولة ممثلة بمن يتولى أمورها ويدير شؤونها
ويدفع غائلة الأعداد عنها. اهـ
5. الجهاد فى الإسلام ص : 81
يلاحظ من معرفة هذه الأحكام أن تطبيق أحكام الشريعة الإسلامية ليس شرطا
لاعتبار الدار دار الإسلام ولكنه حق من حقوق دار الإسلام فى أعناق
المسلمين. فإذا قصرالمسلمون فى إجراء الأحكام الإسلامية على اختلافها فى
دارهم التى أورثهم الله إياها فإن هذا التقصير لا يخرجها عن كونها دار
الإسلام ولكنه يحمل المقصرين ذنوبا وأوزارا. اهـ
b. Tidak bijakkah demokrasi diintregasikan untuk membangun suasana kondusif pada struktur masyarakat yang Bhinneka Tunggal Ika?
Jawaban:
Bijak selama tidak bertentangan dengan ruh al syar’i sebagai bentuk akhlaqul karimah.
Dasar Pengambilan Hukum
Su-udu al Tasdiq ala Syarhi Sulam al Taufiq
مالمراد بوخالق الناس بخلق حسن قال الموافقة للناس ماعدا المعاصي
Tasyri’ al Janai 1 hal 223
إذا القوانين واللوائح متفقة على نصوص القرآن والسنة أو متمسية مع مبادىء
الشريعة العامة وروحها التشريعية وجبت الطاعة لها وحقت العقوبة على من
خالفها أما إذا جاءت القوانين واللوائح خارجة على نصوص القرآن والسنة أو
خارجة على مبادىء الشريعة العامة وروحها التشريعية فهى قوانين ولوائح باطلة
بطلانا مطلقة وليس لأحد أن يطيعها بل على كل مسلم أن يحاربها وسيبين فيما
يلى أسباب هذا البطلان بعد أن نتكلم عن نظرية البطلان ذاتها
(Diposting oleh Admin : Kang As'ad)
=======================
Tambahan :
Oleh : Didin Banjarmasin
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْخِلَافَةُ
فِي أُمَّتِي ثَلَاثُونَ سَنَةً ثُمَّ مُلْكٌ بَعْدَ ذَلِكَ رواه الترمذي
sabda Rasul: Khilafah pada ummatku hanya 30 tahun, kemudian kerajaan (HR Turmudzi)
Berikut2 Dalil yg tak terbantahkan ttg tak wajibnya mendirikan khilafah
عليكم بالجماعة ) أي المنتظمة بنصب الإمامة ( وإياكم والفرقة ) أي احذروا
مفارقتها ما أمكن ، وروى مسلم في صحيحه عن أبي هريرة مرفوعا : من خرج من
الطاعة وفارق الجماعة فمات مات ميتة جاهلية الحديث ، روى الشيخان عن حذيفة
في أثناء حديث : تلزم جماعة المسلمين وإمامهم ، قلت : فإن لم يكن لهم جماعة
ولا إمام ؟ قال : فاعتزل تلك الفرق [ ص: 321 ] كلها ، ولو أن تعض بأصل
شجرة حتى يدركك الموت وأنت على ذلك ، قال الحافظ قوله : تلزم جماعة
المسلمين وإمامهم أي أميرهم ، زاد في رواية أبي الأسود : تسمع وتطيع وإن
ضرب ظهرك وأخذ مالك ، وكذا في رواية خالد بن سبيع عند الطبراني : فإن رأيت
خليفة فالزمه وإن ضرب ظهرك فإن لم يكن خليفة فالهرب ، وقال الطبري : اختلف
في هذا الأمر وفي الجماعة ، فقال قوم هو للوجوب ، والجماعة السواد الأعظم ،
ثم ساق محمد بن سيرين عن أبي مسعود أنه وصى من سأله لما قتل عثمان : عليك
بالجماعة ، فإن الله لم يكن ليجمع أمة محمد على ضلالة ، وقال قوم : المراد
بالجماعة الصحابة دون من بعدهم ، وقال قوم : المراد بهم أهل العلم لأن الله
جعلهم حجة على الخلق والناس تبع لهم في أمر الدين ، قال الطبري : والصواب
أن المراد من الخبر لزوم الجماعة الذين في طاعة من اجتمعوا على تأميره ،
فمن نكث بيعته خرج عن الجماعة ، قال : وفي الحديث أنه متى لم يكن للناس
إمام فافترق الناس أحزابا فلا يتبع أحدا في الفرقة ويعتزل الجميع إن استطاع
ذلك خشية من الوقوع في الشر ، وعلى ذلك يتنزل ما جاء في سائر الأحاديث ،
وبه يجمع بين ما ظاهره الاختلاف منها انتهى .
Perhatikan penggalan hadits ini
وى الشيخان عن حذيفة في أثناء حديث : تلزم جماعة المسلمين وإمامهم ، قلت :
فإن لم يكن لهم جماعة ولا إمام ؟ قال : فاعتزل تلك الفرق كلها ، ولو أن
تعض بأصل شجرة حتى يدركك الموت وأنت على ذلك
PERHATIKAN! Jika
mendirikan khilafah sesudah tak adanya itu merupakan kewajiban, niscaya
Nabi takkan menyuruh Hudzaifah ketika tak ada pemimpin (khilafah) untuk
uzlah, pasti beliau akan berkata: "JIKA BEGITU, ENGKAU HARUS
MENGUSAHAKAN BERDIRINYA KHILAFAH". Ini sungguh dalil yg sangat jelas,
jika anda tak terlalu fanatik....
Sementara Hizbuttahrir
mengatakan orang yg tak mendukung khilafah itu berdosa. Padahal Nabi
sendiri malah menyuruh untuk mengasingkan diri, bukan mengusahakan
berdirinya khilafah... Mana yg lebih utama untuk ditaati, HTI atau Nabi?
Usia Khilafah Hanya 30 Tahun
Sabda Rasulullah
bukanlah sekedar ucapan yang berdasarkan nafsu, melainkan berdasakan
wahyu kepadanya (al-Najm: 3-4), dalam masalah Khilafah Rasulullah telah
membatasinya dengan masa, tidak berlaku untuk selamanya. Rasulullah Saw
bersabda: “al-Khilafatu fi ummatii tsalaatsuna sanatan, tsumma mulkun
ba’da dzalika”. Artinya: “Usia khilafah dalam umatku adalah 30 tahun,
kemudian setelah itu adalah sistem kerajaan” (HR Ahmad No 21978 dan
Turmudzi No 2226, ia mengatakan: ‘Hadis ini hasan’)
Kebenaran
hadis ini telah diteliti oleh ahli hadis al-Hafidz as-Suyuthi, beliau
mengatakan: “Masa Abu Bakar menjadi Khalifah adalah 2 tahun, 3 bulan dan
10 hari. Umar adalah 10 tahun, 6 bulan dan 8 hari. Utsman adalah 11
tahun, 11 bulan dan 9 hari. Ali adalah 4 tahun, 9 bulan dan 7 hari”
(Tuhfat al-Ahwadzi Syarah Sahih Turmudzi 6/8). Jika digenapkan maka
telah sesuai dengan hitungan Rasullah, yaitu sekitar 30 tahun
Kesalahan Memaknai Hadis Datangnya Khilafah
Hudzaifah berkata: “Sesungguhnya Nabi r bersabda: “Kenabian akan
menyertai kalian selama Allah menghendakinya, kemudian Allah I
mengangkat kenabian itu bila menghendakinya. Kemudian akan datang
khilafah sesuai dengan jalan kenabian dalam waktu Allah menghendakinya.
Kemudian Allah mengangkatnya apabila menghendakinya. Kemudian akan
datang kerajaan yang menggigit dalam waktu yang Allah kehendaki.
Kemudian Allah mengangkatnya apabila menghendakinya. Kemudian akan
datang khilafah sesuai dengan jalan kenabian. Lalu Nabi r diam”.
Menurut sebagian kalangan, hadits Hudzaifah di atas telah membagi
kepemimpinan umat Islam pada 5 fase. Pertama, fase kenabian yang
dipimpin langsung oleh Nabi r. Kedua, fase khilafah yang sesuai dengan
minhaj al-nubuwwah yang dipimpin oleh Khulafaur Rasyidin. Ketiga dan
keempat fase kerajaan yang diktator dan otoriter. Kelima, fase khilafah
al-nubuwwah yang sedang dinanti-natikan kalangan tertentu.
Asumsi tentang hadits ini adalah tidak benar. Karena menurut semua
ulama, yang dimaksud dengan kabar gembira (bisyarah) khilafah
al-nubuwwah pada fase kelima dalam hadits di atas adalah khilafahnya
Umar bin Abdul Aziz (wafat 101 H). Di antara ulama tersebut 1) al-Imam
Ahmad bin Hanbal, 2) Abu Bakar al-Bazzar, 3) Abu Dawud al-Thayalisi, 4)
Abu Nu’aim al-Ashfihani, 5) al-Hafizh al-Baihaqi, 6) al-Hafizh Ibn Rajab
al-Hanbali, 7) al-Hafizh Jalaluddin al-Suyuthi, dan Syaikh Yusuf bin
Isma’il al-Nabhani.
Syaikh Yusuf bin Ismail al-Nabhani
al-Asy’ari al-Syafi’i, ulama Sunni, kakek Syaikh Taqiyyudin al-Nabhani,
pendiri Hizbut Tahrir, menyebutkan dalam kitabnya, Hujjatullah ‘ala
al-’Alamin fi Mu’jizat Sayyid al-Mursalin, hal. 527, bahwa yang dimaksud
dengan khilafah al-nubuwwah dalam hadits Hudzaifah tersebut adalah
khilafahnya Umar bin Abdul Aziz.
Pandangan para ulama diatas
telah sesuai dengan redaksi hadis yang sering sengaja tidak disampaikan
sebagai lanjutan riwayat diatas. Yaitu setelah Umar bin Abdul Aziz
menjadi Khalifah, maka Yazid bin Nu’man berkata kepadanya: “Saya harap
Umar bin Abdul Aziz sebagai Amir al-Mu’minin (Khalifah) setelah masa
raja yang otoriter”. Kemudian Umar bin Abdul Aziz senang dengan hal itu
dan mengaguminya (HR Ahmad 4/273)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar