ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Kamis, 04 Juli 2013

Bahtsul Masail Roh Nahdlatul Ulama'

========
Bahtsul Masail Roh Nahdlatul Ulama'
=======================
Yogyakarta, NU Online
Kegiatan bahtsul masail merupakan roh Nahdlatul Ulama. Bahtsul masail mengandung prinsip dasar warga NU, sikap ilmiah dalam mengatasi masalah. Karenanya, budaya ilmiah seperti itu diteruskan warga NU.

Demikian dikatakan Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ishomuddin saat sambutan pembukaan Bahtsul Masail Nasional LBM PBNU di Pondok Pesantren Pandanaran, Yogyakarta, Selasa (2/7) siang.  

“Bukan NU kalau tidak bahtsul masail,” katanya.

Bahtsul masail, lanjut KH Ishomuddin, merupakan upaya penyelesaian persoalan yang dihadapi masyarakat. Penyelesaian masalah melalui bahtsul masail menumbuhkan sikap ilmiah karena peserta musyawarah bahtsul masail mendasarkan usulan dan komentarnya pada ilmu.

Sikap ilmiah ini menjadi ciri khas NU dalam mengatasi masalah. Sikap ilmiah seperti ini terbilang langka di kalangan organisasi masyarakat di Indonesia, tegasnya di hadapan sedikitnya 150 peserta musyawirin dari kalangan Syuriah PWNU, PCNU, dan utusan sejumlah pesantren.

Selain sikap ilmiah, bahstul masail juga menjadi forum silaturahmi dan momen konsolidasi bagi pengurus NU dan pesantren untuk menguatkan NU itu sendiri, tutup KH Ishomuddin.

sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,45587-lang,id-c,nasional-t,Bahtsul+Masail+Roh+Nahdlatul+Ulama-.phpx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar