ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Senin, 01 Juli 2013

Blog, Lebih dari Sekedar Ekspresi Diri

=========
Blog, Lebih dari Sekedar Ekspresi Diri
===========================

Mungkin Anda pernah mendengar istilah “blog”? Atau bahkan mungkin Anda sudah menggunakannya? Dalam artikel kali ini saya coba sedikit membahas tentang itu.  Kata “blog” sendiri sebetulnya berasal dari Web Log.
Blog adalah catatan berkala yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat diakses melalui internet dan dapat dikelola dengan menggunakan (basis) web atau biasa disebut web 2.0. Catatan yang dimaksid di atas berbeda dengan berita yang ada pada situs-situs berita yang juga selalu diperbaharui setiap saat dan berkala, misalnya, www.nu.or.id. Umumnya penampilan dari blog diurutkan secara kronologis, akan tetapi hal tersebut bukanlah peraturan mutlak dalam membuat blog.
Blog tidak termasuk catatan sebagai server web, Anda bisa mencoba software WordPress yang bisa diperoleh secara gratis dari WordPress.org. Dalam waktu yang cukup singkat anda telah dapat membangun blog anda sendiri dan dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun melalui internet.
Lalu apa yang ditampilkan di blog? Biasanya adalah catatan harian, pengalaman, dsb. Akan tetapi dia lebih dari sekadar diary atau buku harian yang dibuat secara online. Isi dari blog dapat berupa artikel atau editorial, tutorial teknis mengenai suatu disiplin ilmu tertentu, dsb. Hanya, kali ini Anda tidak harus berafiliasi dengan surat kabar tertentu. Anda bisa menjadi penulis editorial tanpa surat kabar. Ini sebuah konsep yang hebat.
Dahulu kita terpaku oleh opini penulis tertentu yang ada pada media masa saja, akan tetapi kali ini telah terdapat banyak alternatif. Tapi, masih banyak orang yang skeptis, atau meragukan adanya penulis-penulis blog yang bagus. Tidak perlu khawatir, terdapat banyak blog yang bagus. Lihat saja blog dari pakar hukum cyber dari Stanford, Lawrence Lessig (www. yang dihasilkan oleh komputer Anda bisa menjadi penulis lessig.org/blog/). Atau lihat blog atau mesin.
Sebagai contoh, ada sebuah blog milik seseorang yang bernama Bayu dengan alamat http://bayuart.wordpress.com/. Blog tersebut membahas mengenai tutorial, tips dan trik mengenai Mandriva Linux. Bayu si pemilik dan pembuat blog tersebut juga tidak segan-segan untuk memberikan bantuan apabila ada pembacanya yang mengalami kesulitan dalam hal-hal yang berkaitan dengan tulisannya di blog itu, NU Online juga pernah dibantu oleh bayu pada waktu mengalami kesulitan dalam konfigurasi sistem linux.
Saya melihat ini adalah sebuah konsep yang hebat. Faktor manusiawinya harus muncul. Jadi blog harus dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang juga dapat memberikan manfaat positif bagi banyak orang. Fitur utama blog adalah harus dapat diakses melalui web. Pengelolaan blog juga umumnya menggunakan web, meskipun ada yang membuat program client yang tidak berbasis web untuk mengelola blog. Selain itu sering kali sebuah content management system (CMS) digunakan di belakang layar sebagai mesin dari blog.
Selain hal di atas, masih ada beberapa fitur blog lainnya seperti adanya mekanisme untuk memberikan komentar atau melakukan pelacakan, pemblokiran pada komentar yang tidak pantas ditampilkan karena mengandung SARA, kalender dengan keterangan kegiatan pada tanggal tertentu.
Semua hal tersebut mempermudah penulis karena dia tidak lagi harus mengetahui kode HTML atau mendesain tampilannya sendiri. Pada umumnya sistem blog menyediakan editor yang mudah digunakan dan terdapat banyak template desain yang bagus dan siap untuk digunakan secara gratis. Ini yang membedakannya dengan pembuatan situs web atau homepage konvensional. Untuk tempat, ada juga banyak tempat yang menyediakan layanan blog secara gratis (misalnya blogger.com, ebloggy.com, dan crimsonblog.com).
Mencari dan menemukan blog merupakan sebuah keasyikan tersendiri bagi sebagian orang. Tadi saya menyebutkan secara sepintas mengenai sindikasi. Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh blog adalah adanya mekanisme untuk mengambil artikel-artikel dari berbagai penulis blog untuk kemudian dijadikan satu halaman kumpulan artikel. RSS (Really Simple Syndication atau RDF Site Summary) merupakan salah cara atau format untuk melakukan hal tersebut. Salah satu contoh sindikasi ada di http://planet.terasi.net. Di sini anda dapat melihat beberapa contoh isi blog orang Indonesia.
Menurut pendapat saya, blog ini merupakan mekanisme yang bagus untuk mengajarkan orang Indonesia untuk mulai gemar menulis. Tidak gemar menulis merupakan salah satu kelemahan kultur kita seperti halnya tidak gemar membaca. Mudah-mudahan generasi yang akan datang lebih pandai dalam menulis dan juga membaca.
Ternyata blog selain dapat digunakan sebagai ajang untuk mengekspresikan diri juga dapat digunakan sebagai sarana untuk bertukar ilmu pengetahuan dan membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan. Bila Anda memiliki sesuatu yang dapat anda bagi utnuk bersama, mulailah dengan blog. Apalah artinya ilmu pengetahuan tanpa pengamalan, maka ikatlah ilmu dengan menuliskannya.
Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi yang baik bagi siapapun yang membacanya dan dapat menggugah rasa kepedulian sosial yang mulai memudar di masyarakat negeri ini.(Ardyan Novanto Arnowo)
 
sumber:http://nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,14-id,9211-lang,id-c,teknologi-t,Blog++Lebih+dari+Sekedar+Ekspresi+Diri-.phpx