ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Kamis, 21 November 2013

Bacaan fatihah sholat tasbih yang dikerjakan pada malam hari?? Imam membaca Al-Fatihah dan surah secara jahar atau Khofi ?

=========

Bacaan fatihah sholat tasbih yang dikerjakan pada malam hari


Pertanyaan :
Assalamu'alaikum wr wb
Mau nanya lagi ni Kiyai dan nyai, bolehkah mengerjakan sholat tasbih berjama'ah ? Kalau di malam hari imam membaca Al-Fatihah dan surah secara jahar atau Khofi ?
Syukron..

( Dari : Abu Habib )


Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh

Pertama :
Diperbolehkan mengerjakan secara berjama'ah  sholat-sholat sunat yang tidak dianjurkan untuk dikerjakan secara berjama'ah, termasuk sholat tasbih hukumnya tidak makruh, namun juga tidak mendapatkan pahala (sholat berjama'ah), kecuali jika bertujuan mengajarkan cara sholat yang benar bagi para ma'mum atau memberi semangat pada mereka, adapun jika dengan tujuan tersebut akan mendapatkan pahala Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai hal tersebut menimbulkan dampak negatif, semisal menyakiti orang lain atau pada akhirnya orang-orang meyakini bahwa sholat-sholat tersebut dianjurkan untuk dikerjakan secara berjama'ah. Kalau sampai hal tersebut terjadi, maka sholat jama'ah saat melaksanakan sholat-sholat tersebut hukumnya harom dan tidak boleh dikerjakan. Ketentuan hukum ini didasarkan pada keterangan dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin.

Kedua :
Para fuqoha' mengkategorikan sholat tasbih sebagai sholat sunat mutlaq (sholat. Sunat yang tidak memiliki waktu tertentu dalam pengerjaannya). Dalam kitab Al-Majmu' Imam Nawawi menerangkan perbedaan pendapat mengenai bacaan sholat sunat mutlaq yang dikerjakan pada malam hari, menurut pendapat penulis kitab "At-Tatimmah" bacaan fatihah dan surat sholat sunat malam (selain sholat tarowih dan witir romadhon)  dibaca keras, sedangkan menurut Qodhi Husain dan penulis kitab "At-Tahdzib" dibaca pertengahan antara dibaca keras dan pelan. Pada kitab beliau yang lain, Roudlotut Tholibin Imam Nawawi menjelaskan bahwa pendapat yang ashoh (paling benar) dalam masalah ini adalah bacaannya dibaca pertengahan antara pelan-pelan dan kerras.

Membaca fatihah dan surat secara pertengahan tersebut dilakukan selama tidak mengganggu orang lain yang sedang sholat atau  tidur. Jika sekiranya hal tersebut mengganggu maka fatihah dan suratnya dibaca pelan-pelan saja. Wallohu a'lam.

( Dijawab oleh : Kudung Khantil Harsandi Muhammad dan Siroj Munir )


Referensi :
1. Bughyatul Mustarsyidin, Hal : 136
2. Al-Majmu', Juz : 3 Hal : 391
3. Roudlotut Tholibin, Juz : 1 Hal : 248
4. Hasyiyah Asy-Syarwani Ala Tuhfatul Muhtaj, Juz : 2 Hal : 57
5. Nihayatuz Zain, Hal : 63


Ibarot :
Bughyatul Mustarsyidin, Hal : 136

مسألة  ب ك : تباح الجماعة في نحو الوتر والتسبيح فلا كراهة في ذلك ولا ثواب ، نعم إن قصد تعليم المصلين وتحريضهم كان له ثواب ، وأي ثواب بالنية الحسنة ، فكما يباح الجهر في موضع الإسرار الذي هو مكروه للتعليم فأولى ما أصله الإباحة ، وكما يثاب في المباحات إذا قصد بها القربة كالتقوّي بالأكل على الطاعة ، هذا إذا لم يقترن بذلك محذور ، كنحو إيذاء أو اعتقاد العامة مشروعية الجماعة وإلا فلا ثواب بل يحرم ويمنع منها

Al-Majmu', Juz : 3 Hal : 391

وأما نوافل الليل غير التراويح فقال صاحب التتمة يجهر فيها وقال القاضي حسين وصاحب التهذيب يتوسط بين الجهر والإسرار

Roudlotut Tholibin, Juz : 1 Hal : 248


وأما نوافل الليل، فقال صاحب "التتمة" يجهر، وقال القاضي حسين، وصاحب "التهذيب" يتوسط بين الجهر والإسرار، وهو الأصح. ويستثنى ما إذا كان عنده مصلون، أو نيام يهوش عليهم فيسر

Hasyiyah Asy-Syarwani Ala Tuhfatul Muhtaj, Juz : 2 Hal : 57


ويندب التوسط في نوافل الليل المطلقة بين الجهر والإسرار إن لم يشوش على نائم أو مصل أو نحوهما اهـ

Nihayatuz Zain, Hal : 63


فرع من سنن الهيئات : الجهر في موضعه والإسرار في موضعه فالجهر في الصبح والجمعة والعيدين وخسوف القمر والاستسقاء والتراويح ووتر رمضان وركعتي الطواف ليلا أو وقت الصبح وأولتي العشاءين والإسرار في غير ذلك إلا نوافل الليل المطلقة فيتوسط فيها بين الجهر والإسرار بحيث يسر تارة ويجهر أخرى ما لم يشوش على نائم أو مصل أو نحو ذلك
 
sumber:http://www.fikihkontemporer.com/2012/11/bacaan-fatihah-sholat-tasbih-yang.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar