ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Selasa, 19 November 2013

Orang yang pingsan karena sakit, wajibkah mengqodlo' sholat ketika sadar?

============

Orang yang pingsan karena sakit, wajibkah mengqodlo' sholat ketika sadar?


Pertanyaan :
Assalammualaikum...
Orang yang sakit demam berdarah, mutah darah lalu ia pingsan sehari semalam, apa wajib mengodho sholat?

( Dari : Ben Ben Berlian )


Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh

Salah satu syarat diwajibkannya sholat bagi seseorang adalah orang tersebut berakal. Karena itulah orang yang hilang akalnya, seperti orang yang pingsan tidak diwajibkan mengerjakan sholat dan tidak wajib mengqodho' sholat yang ia tinggalkan sewaktu dia pingsan ketika ia sudah sadar kembali, baik pingsannya lama atau sebentar. Asalkan pingsannya bukan karena sesuatu yang diharomkan, jika pingsannya karena sesuatu yang diharomkan seperti karena minum arak maka wajib mengqodho' sholatnya. Dalilnya adalah hadits Nabi ;

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلَاثَةٍ: عَنِ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ، وَعَنِ الصَّبِيِّ حَتَّى يَحْتَلِمَ، وَعَنِ الْمَجْنُونِ حَتَّى يَعْقِلَ

”Diangkat pena (tidak dikenakan kewajiban) pada tiga orang, yaitu : orang yang tidur hingga bangun, anak kecil hingga ihtilam, dan orang gila hingga berakal” (Sunan Abu Dawud, no. 4403 dan Sunan At-Tirmidzi, no. 1423).

Meskipun hadits ini hanya menyebutkan orang yang gila (majnun), setiap orang yang hilang akalnya karena udzur diqiyaskan dengan orang gila dalam hal tidak wajibnya mengqodho' sholat.

Kesimpulannya, orang yang pingsan karena sakit tidak diwajibkan mengqodho' sholatnya ketika ia sadar. Wallohu a'lam.

( Dijawab oleh : Kudung Khantil Harsandi Muhammad, Mazz Rofii dan Siroj Munir )


Referensi :
1. Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 1  Hal : 111-112
2. Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, Juz : 3  hal : 6


Ibarot :
Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 1  Hal : 111-112


تجب الصلاة على كل مسلم ذكراً أو أنثى، بالغ عاقل طاهر –إلى أن قال- وكذلك لا يجب القضاء على المجنون والمغمى عليه إذا أفاقا من الجنون والإغماء، ودليل ذلك قوله - صلى الله عليه وسلم -: "رفع القلم عن ثلاثة: عن الصبي حتى يحتلم وعن النائم حتى يستيقظ، وعن المجنون حتى يعقل" (رواه أبو داود: 4403، وغيره). [يحتلم: يبلغ]. فالحديث ورد في المجنون، وقيس عليه كل من زال عقله بسبب عذر فيه


Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, Juz : 3  hal : 6

قال المصنف رحمه الله : وأما من زال عقله بجنون أو إغماء أو مرض فلا يجب عليه لقوله صلى الله عليه وسلم " رفع القلم عن ثلاثة " فنص على المجنون وقسنا عليه كل من زال عقله بسبب مباح وان زال عقله بمحرم كمن شرب المسكر أو تناول دواء من غير حاجة فزال عقله وجب عليه القضاء إذا أفاق لانه زال عقله بمحرم فلم يسقط عنه الغرض
الشرح :  من زال عقله بسبب غير محرم كمن جن أو أغمي عليه أو زال عقله بمرض أو بشرب دواء لحاجة أو أكره على شرب مسكر فزال عقله فلا صلاة عليه وإذا أفاق فلا قضاء عليه بلا خلاف للحديث سواء قل زمن الجنون والاغماء ام كثر هذا مذهبنا وقال أبو حنيفة رحمه الله إن كان الإغماء دون يوم وليلة لزمه قضاء ما فات فيه وإن كان أكثر فلا ونقل ابن حزم عن عمار بن ياسر وعطاء ومجاهد وإبراهيم النخعي وحماد بن أبي سليمان وقتادة أن المغمى عليه يقضي دليلنا القياس على المجنون وعلى ما فوق يوم وليلة أما إذا زال عقله بمحرم بأن شرب المسكر عمدا عالما به مختارا أو شرب دواء لغير حاجة وهو مما يزول به العقل فزال عقله لم تصح صلاته في ذلك الحال فإذا عاد عقله لزمه القضاء
 
sumber:http://www.fikihkontemporer.com/2012/12/orang-yang-pingsan-karena-sakit.html