Hukum mengerjakan qodho' sholat pada waktu yang dilarang
Pertanyaan :
Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Saya ingin bertanya mengenai hadits ini ;
عن ابن عباس قال: «شهد عندي رجال مرضيون،
وأرضاهم عندي عمر أن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - نهى عن الصلاة بعد
العصر، حتى تغرب الشمس ، وعن صلاة بعد الصبح حتى تشرق الشمس (أحمدو
والدارمي, والبخاري, ومسلم, وابن ماجة, والترمذي, والنساتي, وأبو داود,
وابن حزيمة, وأبو عوانة والطحاوي
"Ada seorang sahabat Nabi Saw yang setelah Ashar melakukan shalat sunah ba'diyah, maka dimarahi oleh Sayidina Umar, beliau berkata: "Sesungguhnya Rasulullah Saw melarang salat
sunah setelah Ashar".
Apakah larangan ini termasuk larangan untuk mengerjakan sholat qodho' diwaktu ini?
( Dari : Zaenuddin Boncire )
Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh
Sholat qodho', baik itu itu qodho' sholat fardhu atau sholat sunat boleh
dikerjakan pada waktu-waktu yang dimakruhkan untuk mengerjakan sholat,
seperti waktu setelah sholat ashar. Dalilnya adalah hadits;
مَنْ نَسِيَ صَلاَةً فَلْيُصَلِّ إِذَا ذَكَرَهَا، لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلَّا ذَلِكَ {وَأَقِمِ الصَّلاَةَ لِذِكْرِي} [طه: 14
“Barangsiapa lupa suatu shalat, maka hendaklah dia melaksanakannya
ketika dia ingat. Karena tidak ada tebusannya kecuali itu. Allah
berfirman: ‘(Dan tegakkanlah shalat untuk mengingat-Ku).” (QS. Thaha:
14)." ( Shohih Bukhori no. 597 dan Shohih Muslim no. 1102)
Dari kata "ketika ingat" bisa dipahami bahwa qodho' sholat fardhu itu
bisa dilakukan kapan saja, termasuk pada waktu-waktu yang dimakruhkan
melakukan sholat. Jadi bisa disimpulkan bahwa sholat qodho' dikecualikan
dari kemakruhan sholat pada waktu-waktu tersebut.
Sedangkan pengecualian qodho' sholat sunat berdasarkan sabda Rosululloh
kepada Ummu Salamah yang menanyakan sholat yang dikerjakan Nabi setelah
sholat ashar ;
يَا بِنْتَ أَبِي أُمَيَّةَ سَأَلْتِ عَنِ
الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعَصْرِ، إِنَّهُ أَتَانِي نَاسٌ مِنْ عَبْدِ
الْقَيْسِ بِالْإِسْلَامِ مِنْ قَوْمِهِمْ، فَشَغَلُونِي عَنِ
الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ بَعْدَ الظُّهْرِ، فَهُمَا هَاتَانِ
"Wahai anak perempuan Abu Umayah, kamu menanyakan tentang dua rakaat
sesudah ‘Ashar. Sesungguhnya telah datang kepadaku beberapa orang dari
kaum Abdul Qais, mereka telah menyibukkan aku sehingga tidak sempat
melakukan dua rakaat sesudah dhuhur, maka inilah kedua rakaat itu." ( Shohih Bukhori, no.1176 dan Shohih Muslim, no.834 )
Dan untuk sholat-sholat sunat yang lain diqiyaskan dengan hadits tersebut. Wallohu a'lam.
( Dijawab oleh : Siroj Munir )
Referensi :
1. Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 1 Hal : 109
Ibarot :
Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 1 Hal : 109
وهذه الكراهة إلا لم يكن للصلاة سبب متقدم، أو تعمد الدفن فيها
وأما إذا لم يتعمد فيها الدفن وجاء اتفاقا، أو كان للصلاة سبب متقدم كسنة الوضوء وتحية المسجد وقضاء الفائتة، فأنه لا كراهة في ذلك
ويدل على عدم الكراهة: ما رواه (البخاري:
572، ومسلم: 684)، عن أنس - رضي الله عنه - عن النبي - صلى الله عليه وسلم
-: من نسى صلاة فليصل إذا ذكرها لا كفارة لها إلا إذا: {وأقم الصلاة لذكري}
[طه: 14]. فقوله: "إذا ذكرها": يدل على أن وقتها المشروع، والمطالب
بصلاتها فيه، هو وقت الذكر، وقت يذكرها في أحد الأوقات المنهي عنها، فدل
على استثناء ذلك من النهي
وما رواه (البخاري: 1176، ومسلم: 834)،
وعن أم سلمة رضي الله عنها: إنه - صلى الله عليه وسلم -: صلى ركعتين بعد
العصر، فسألته عن ذلك فقال: "يا بنت أبي أمية، سألت عن الركعتين بعد العصر،
وإنه آتاني ناس من عبد القيس، فشغلوني عن الركعتين اللتين بعد الظهر، فهما
هاتان". وقيس على القضاء غيره مما له سبب متقدم من الصلوات
sumber:http://www.fikihkontemporer.com/2013/03/hukum-mengerjakan-qodho-sholat-pada.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar