ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Selasa, 19 November 2013

Status sholat orang yang makmum pada imam yang berhadats atau terkena najis

==========

Status sholat orang yang makmum pada imam yang berhadats atau terkena najis


Pertanyaan :
Assalamu'alaikum
Mau tanya:

1. Dalam sholat berjamaah makmum dibelakang imam melihat ada sesuatu yang menutupi telapak kami imam (seperti lilin) lalu makmum ini berfikir, wah wudhunya imam nggak sah, jadi makmum ini memisahkan diri dari sholat berjamaah.
Pertanyaanya; apakah solat makmum yang lain juga batal mengingat wudlu imam nggak sah, atau hanya fahala berjama'ahnya saja yang nggak dapat tapi sholat tetap sah?

2. Berkaitan dgn nomer 1, jika ternyata pas setelah wudhu, imam menginjak kotoran ayam, tapi imam nggak tau, pas selesai sholat imam baru ngerasa kalau di kakinya ada kotoran ayam. Pertanyaanya; sholatnya imam harus di ulang atau tidak? bagaimana dengan sholat makmumnya?

( Dari : Imron Rosadi )


Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh

Untuk masalah yang pertama, ma'mum yang tidak mengetahui bahwa sholat imamnya  tidak sah yang disebabkan karena imamnya berhadats (wudhunya tidak sah) sampai sholat jama'ahnya selesai, maka sholat jama'ahnya tetap sah, tidak usah mengulangi lagi dan mendapatkan fadhilah sholat jama'ah, sebab seseorang tidak dianggap lalai (taqshir) ketika ternyata setelah sholat diketahui bahwa imamnya belum suci dari hadats, baik itu hadats kecil atau hadats besar (dalam masalah ini terbukti bahwa dikakinya terdapat lilin yang mencegah air sampai pada kulit, sehingga wudhunya tidak sah), sebab sucinya imam adalah sesuatu yang tidak mudah diketahui karena tidak ada tanda-tanda (ammaroh) nya.

Dan apa yang dilakukan ma'mum yang mengetahui bahwa wudhu imam belum sah itu sudah benar, karena memang aturannya jika ada makmum yang menegetahui bahwa imamnya berhadats (belum bersuci/bersucinya tidak sah) diharuskan mufaroqoh (memisahkan diri dari sholat jamaah dan melanjutkan sholatnya sendiri).

Sedangkan untuk masalah yang kedua, jawabannya diperinci sebagai berikut :

•    Apabila najis yang diketahui setelah sholat tersebut berupa najis yang samar (najasah khofiyah), maka makmum tidak diwajibkan mengulangi lagi sholatnya, sebab dalam hal ini ia tidakak dianggap lalai karena najisnya samar. Yang dimaksud dengan najis samar disini adalah najis yang hanya bisa diketahui bila diperhatikan dengan sungguh-sungguh.

•    Apabila najis yang baru diketahui tersebut berupa najis yang jelas (najasah dhohiroh), yaitu najis yang sudah bisa diketahui apabila diperhatikan, maka menurut keterangan imam nawawi dalam kitab Al Majmu' sholatnya wajib diulangi, namun dalam kitab beliau yang lain, yaitu kitab At Tahqiq beliau menyatakan tetap tidak wajib mengulangi meskipun najisnya jelas.

Kesimpulan dari kedua permasalahan diatas :

1. Sholatnya makmum yang tidak mengetahui adanya lilin dikaki imam sampai sholatnya selesai  tetap sah dan mendapatkan fadilah jama'ah.

2. Apabila najisnya samar, maka sholatnya tetap sah, sedangkan apabila najisnya jelas, menurut satu pendapat sholatnya tidak sah dan harus diulangi lagi, dan menurut pendapat yang lain sholatnya tetap sah, dan tidak usah diulangi.

( Dijawab oleh : Kudung Khantil Harsandi Muhammad dan Muh KHolili Aby Fitry, Ubaid Bin Aziz Hasanan dan Siroj Munir  )


Referensi :
1. Fathul Wahab,  Juz : 1  Hal : 73
2. I'anatut Tholibin, Juz : 2  Hal : 55
3. Hasyiyah Al Bujairomi Ala Syarhil Manhaj, Juz : 1  Hal : 310


Ibarot :
Fathul Wahab,  Juz : 1  Hal : 73

ولو بان إمامه " بعد الاقتداء به " كافرا ولو مخفيا " كفره كزنديق " وجبت الإعادة " لتقصيره بترك البحث في ذلك ولنقص الإمام نعم لو لم يبن كفره إلا بقوله وقد أسلم قبل الاقتداء به فقال بعد الفراغ لم أكن أسلمت حقيقة أو أسلمت ثم ارتددت لم تجب الإعادة لأنه كافر بذلك فلا يقبل خبره " لا " إن بان " ذا حدث " ولو حدثا أكبر " و " ذا " نجاسة خفية " في ثوبه أو بدنه فلا تجب الإعادة على المقتدي لانتفاء التقصير منه في ذلك بخلاف النجاسة الظاهرة وهي ما يكون بحيث لو تأملها المقتدي رآها والخفية بخلافها وحمل في المجموع إطلاق من أطلق وجوب الإعادة في النجاسة على الظاهرة لكنه صحح في التحقيق عدم وجوب الإعادة مطلقا

I'anatut Tholibin, Juz : 2  Hal : 55

أما إذا بان ذا خبث ظاهر فيلزمه الإعادة على غير الأعمى لتقصيره وهو ما بظاهر الثوب وإن حال بين الإمام والمأموم حائل. والأوجه في ضبطه أن يكون بحيث لو تأمله المأموم رآه والخفي بخلافه. وصحح النووي في التحقيق عدم وجوب الإعادة مطلقا
................................
قوله: والاوجه في ضبطه) أي الخبث الظاهر. وهذا الضبط للانوار، ولعل وجه أوجهية هذا الضبط: شمول الخفي عليه للخبث الحكمي الكائن على ظهر الثوب، وذلك لانه لو تأمله المأموم لا يراه، بخلافه على الضبط الاول، فإنه لا يشمله، بل يدخله في الظاهر مع أنه ليس منه، بل هو من الخفي. (وقوله: أن يكون) أي الخبث الظاهر. (وقوله: بحيث لو تأمله) الباء للملابسة، أي يكون متلبسا بحالة، وهي لو تأمله إلخ
وأعلم أن هذا الضبط لا ينافي الضبط الذي نقله القليوبي عن شيخه الزيادي والرملي، ونقله البجيرمي عن الشوبري من أن الظاهرة هي العينية، والخفية هي الحكمية، بل هو متبادر منه
وقوله: رآه) أي أدركه بإحدى الحواس، ولو بالشم، ليشمل الاعمى، وإن حال بينهما حائل.ا ه.بجيرمي. (قوله: والخفي بخلافه) وهو الذي لو تأمله المأموم لم يره
قوله: مطلقا) أي سواء كان الخبث الذي تبين في الامام ظاهرا أو خفيا

Hasyiyah Al Bujairomi Ala Syarhil Manhaj, Juz : 1  Hal : 310

قاعدة : كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أو ظهر أوجب الاستئناف ولا يجوز الاستمرار مع نية المفارقة وكل ما لا يوجب الإعادة مما يمنع صحة الاقتداء ابتداء عند العلم إذا طرأ في الأثناء أو ظهر لا يوجب الاستئناف فيجوز الاستمرار مع نية المفارقة اهـ. ع ش على م ر ملخصا وبعضه في ح ل
 
sumber:http://www.fikihkontemporer.com/2013/02/status-sholat-orang-yang-makmum-pada.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar