ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Minggu, 17 November 2013

HUKUM MEMBATALKAN SHOLAT SUNAH DEMI SHOLAT JAMA’AH

=============

HUKUM MEMBATALKAN SHOLAT SUNAH DEMI SHOLAT JAMA’AH



Pertanyaan :
Assalamu’alaikum.
Saat kita shalat sunah qabliyah ternyata imam datang dan shalat berjamaah dimulai. Apa yang harus dilakukakan. Apakah kita melanjutkan shalat sunah rawatibnya tapi  ketinggalan takbiratul ihramnya imam atau malah tertinggal rakaat? Ataukah kita mesti memutus shalat sunah dan langsung ikut jamaah? Ataukah shalat sunah kita jadikan satu rakaat kemudian salam ?
Terima kasih atas jawaban dewan Asatidz.

(Dari Sari Similikiti).


Jawaban:
 Wa alaikum salam warohmatulloh wabarokatuh
Jawaban dari pertanyaan diatas diperinci sebagai berikut :

-      Disunahkan untuk  memutuskan shalat sunah qabliyahnya jika khawatir kehilangan shalat jama'ah sebab salamnya imam (kalau sholatnya dilanjutkan sholat jama’ahnya sudah selesai).
-      Disunahkan menjadikan shalat qabliyahnya menjadi satu rakaat saja,  kemudian salam. Hal ini dilakukan apabila shalat jamaah dilaksanakan di tengah-tengah shalat qabliyah.
-      Disunahkan untuk menyempurnakan shalat qabliyah jika berharap ada jamaah lain yang akan datang dalam waktu dekat, sementara waktu shalat masih longgar.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

الْمُتَنَفِّلُ أَمِيرُ نَفْسِهِ

"Orang yang mengerjakan ibadah sunah itu lebih menguasai atau lebih berhak (amir)  atas dirinya”. (Sunan Turmudzi, No.732)

Wallahu a’lam.

(Dijawab oleh: Al Murtadho, Kudung Khantil Harsandi Muhammad, Ubaid Bin Aziz Hasanan, Muhammad Fawwaz Kurniawan, Brandal Loka Jaya, Farid Muzakki, dan Siroj Munir).


Referensi:
1. Fathul Mu’in,

 وندب لمنفرد رأى جماعة أن يقلب فرضه نفلا ويسلم من ركعتين
ـــــــــــــــــــــــــــــ
 وندب لمنفرد رأى جماعة مشروعة أن يقلب فرضه الحاضر لا الفائت نفلا مطلقا ويسلم من ركعتين إذا لم يقم لثالثة ثم يدخل في الجماعة
 نعم إن خشي فوت الجماعة إن تمم ركعتين استحب له قطع الصلاة واستئنافها جماعة ذكره في المجموع
وبحث البلقيني أنه يسلم ولو من ركعة أما إذا قام لثالثة أتمها ندبا إن لم يخش فوت الجماعة ثم يدخل في الجماعة

2. I’anatut Tholibin, 1/264

تتمة: لو كان يصلي الفائتة وخاف فوت الحاضرة قلبها نفلا وجوبا واشتغل بالحاضرة
ولو كان يصلي في النافلة وخاف فوت الجماعة قطعها ندبا
نعم، إن رجا جماعة غيرها تقام عن قرب، والوقت متسع، فالأولى إتمام نافلته ثم يصلي الفريضة معها

3. Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah, 34/51

أما قطع التطوع بعد الشروع فيه فقد اختلف الفقهاء في حكمه فقال الحنفية والمالكية: لا يجوز قطعه بعد الشروع بلا عذر كالفرض ويجب إتمامه، لأنه عبادة، ويلزم بالشروع فيه، ولا يجوز إبطاله، لأنه عبادة. وقال الشافعية والحنابلة: يجوز قطع التطوع، عدا الحج والعمرة، لحديث المتنفل أمير نفسه
 
 
sumber:http://www.fikihkontemporer.com/2013/09/hukum-membatalkan-shalat-sunah-demi.html