ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Selasa, 19 November 2013

Hukum Shalat Tasbih - Lembaga Fatwa Mesir

===========

Hukum Shalat Tasbih - Lembaga Fatwa Mesir



Shalat Tasbih

Tanggal Jawaban : 05/04/2006
Nomor Urut : 562

Memperhatikan permohonan fatwa No. 2868 tahun 2005, yang berisi:  Apa hukum melakukan salat Tasbih? Apakah Rasulullah saw. membolehkannya? Dan apa pahala bagi orang yang melakukannya pada malam 27 Ramadhan?

Jawaban : Mufti Agung Prof. Dr. Ali Jum'ah Muhammad

Hadits yang menjelaskan tentang shalat tasbih diriwayatkan melalui berbagai jalur dari beberapa orang sahabat. Hadits-hadits itu dikeluarkan oleh para ulama’ besar Islam dan para ulama hadis.
Jalur hadis ini yang paling kuat adalah riwayat Ikrimah dari Ibnu Abbas r.a., dia berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. bersabda kepada Abbas bin Abdul Muthalib;

يَا عَبَّاسُ يَا عَمَّاهُ! أَلاَ أُعْطِيْكَ! أَلاَ أَمْنَحُكَ! أَلاَ أَحْبُوْكَ! أَلاَ أَفْعَلُ لَكَ، عَشْرَ خِصَالٍ إِذَا أَنْتَ فَعَلْتَ ذَلِكَ غَفَرَ اللَّهُ لَكَ ذَنْبَكَ: أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ، قَدِيْمَهُ وَحَدِيْثَهُ، خَطَأَهُ وَعَمْدَهُ، صَغِيْرَهُ وَكَبِيرَهُ، سِرَّهُ وَعَلاَنِيَتَهُ، عَشْرَ خِصَالٍ: أَنْ تُصَلِّيَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ تَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ وَسُوْرَةً فَإِذَا فَرَغْتَ مِنَ الْقِرَاءَةِ فِي أَوَّلِ رَكْعَةٍ وَأَنْتَ قَائِمٌ قُلْتَ: " سُبْحَانَ اللَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ"، خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً، ثُمَّ تَرْكَعُ فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ رَاكِعٌ عَشْرًا، ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنَ الرُّكُوعِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا، ثُمَّ تَهْوِي سَاجِدًا فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ سَاجِدٌ عَشْرًا، ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنَ السُّجُودِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا، ثُمَّ تَسْجُدُ فَتَقُولُهَا عَشْرًا، ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ فَتَقُولُهَا عَشْرًا، فَذَلِكَ خَمْسٌ وَسَبْعُونَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ، تَفْعَلُ ذَلِكَ فِي أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ. إِنِ اسْتَطَعْتَ أَنْ تُصَلِّيَهَا فِي كُلِّ يَوْمٍ مَرَّةً فَافْعَلْ، فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّةً، فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ شَهْرٍ مَرَّةً، فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ سَنَةٍ مَرَّةً، فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي عُمُرِكَ مَرَّةً

"Wahai Abbas, wahai Paman. Ketahuilah, aku akan memberimu. Aku akan menghadiahimu. Aku akan membagimu. Aku akan melaksanakan untukmu. Ada sepuluh hal, jika kamu melakukannya maka Allah akan mengampuni dosamu, baik yang terdahulu maupun yang terakhir, baik yang lama maupun yang baru, baik yang tidak sengaja maupun yang sengaja, baik yang besar maupun yang kecil, baik yang tersembunyi maupun yang terang-terangan. Sepuluh hal itu adalah kamu melakukan salat sebanyak empat rakaat. Pada setiap rakaat kamu membaca surat al-Fatihah dan surat lain. Jika telah selesai membacanya dalam rakaat pertama, maka ucapkanlah sambil berdiri, "Subhânallah, wal hamdulillah, wa lâ ilâha illâllah, wallahu akbar," sebanyak lima belas kali. Lalu kamu melakukan rukuk dan mengucapkan zikir itu sebanyak sepuluh kali sambil rukuk. Lalu kamu berdiri dari rukuk dan mengucapkan zikir itu sebanyak sepuluh kali. Lalu kamu melakukan sujud dan mengucapkannya sambil sujud sebanyak sepuluh kali. Lalu kamu mengangkat kepalamu dari sujud dan membacanya sepuluh kali. Lalu kamu melakukan sujud dan membacanya sepuluh kali. Lalu kamu mengangkat kepalamu dan membacanya sepuluh kali. Itulah tujuh puluh lima kali dalam satu rakaat. Kamu melakukannya dalam empat rakaat. Jika kamu dapat melakukannya sekali dalam satu hari maka lakukanlah. Jika tidak maka sekali dalam satu Jum'at. Jika tidak maka sekali dalam satu bulan. Jika tidak maka sekali dalam satu tahun. Dan jika tidak maka sekali dalam seumur hidup."

Hadis ini dikeluarkan oleh Bukhari dalam al-Qirâ`ah Khalfa al-Imâm, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ibnu Khuzaimah. Hadis inipun dishahihkan oleh beberapa ulama hadis, seperti Daruquthni yang menghimpun seluruh jalur periwayatan hadis ini dalam sebuah buku kecil, al-Hakim dalam al-Mustadrak, al-Hafizh Abu Bakar al-Ajurri, Ibnu Mandah (beliau mengarang sebuah kitab yang menjelaskan keshahihan hadis ini), al-Khatib al-Baghdadi yang mengumpulkan seluruh jalur periwayatan hadis ini dalam sebuah buku, Abu Sa'ad as-Sam'ani, al-Hafizh Abu Musa al-Madini dalam kitab Tashhîh Shalât at-Tasâbîh, Abu Muhammad Abdur Rahim al-Mishri, Abu Hasan al-Maqdisi, al-Hafizh al-Mundziri dan Imam Zarkasyi. Sedangkan para ulama yang menghukuminya hasan adalah Ibnu Shalah dan an-Nawawi dalam at-Tahdzîb.

Imam Muslim berkata, "Tidak ada riwayat mengenai masalah ini yang lebih baik dari sanad hadis ini." Abu Dawud berkata, "Tidak ada hadis shahih mengenai salat Tasbih selain hadis ini." Tirmidzi berkata, "Ibnu Mubarak dan beberapa ulama memandang disyariatkannya salat Tasbih dan mereka menyebutkan keutamaannya." Hakim berkata dalam al-Mustadrak, "Para perawi hadis ini dari Ibnu Mubarak semuanya tsiqat dan atsbat. Abdullah tidaklah dicurigai mengajarkan sesuatu yang menurutnya tidak shahih sanadnya." Al-Baihaqi berkata, "Ibnu Mubarak melakukannya dan para shalihin saling meriwayatkannya di antara mereka. Hal ini merupakan penguat atas hadis yang marfû' ini." Ad-Dailami berkata dalam Musnad al-Firdaus, "Salat Tasbih adalah salat yang paling terkenal dan yang paling shahih sanadnya." Abdul Aziz bin Abu Ruwwad berkata, "Barang siapa yang menginginkan bau harum surga maka hendaknya dia melakukan salat ini."

 Pendapat yang menyatakan bahwa salat ini dianjurkan adalah pendapat para ulama Syafi'iyah dan Hanafiyah. Salah satu pendapat dalam mazhab Hambali menyatakan kebolehan melakukannya.

Ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa salat ini tidak dianjurkan, karena mereka menilai bahwa hadis di atas adalah dhaif. Selain itu, tata cara salat ini berbeda dengan tata cara salat yang lain. Pendapat ini diriwayatkan dari Imam Ahmad. Ibnu Hajar pun condong kepada pendapat ini sebagaimana yang dia sebutkan dalam kitab Talkhîsh al-Habîr dan dia menukil kedhaifan hadis ini dari Ibnu Taimiyah dan al-Mizzi.

Para pendukung pendapat pertama menjawab bahwa hadis ini diriwayatkan dari jalur yang banyak dan saling menguatkan. Ditambah lagi, kekuatan hadis itu didukung dengan perbuatan para ulama salaf yang selalu mengamalkannya. Perbedaan tata cara salat Tasbih dengan salat pada umumnya tidak mengurangi nilai pensyariatannya, sebagaimana dalam salat-salat sunah lainnya seperti salat Ied (hari raya), salat jenazah, salat gerhana matahari dan bulan serta salat dalam keadaan takut. Adapun riwayat yang menerangkan bahwa Imam Ahmad mengingkari hadis salat Tasbih ini, maka telah dinukil riwayat lain yang menjelaskan bahwa beliau telah rujuk dari pendapat itu.

Ibnu Hajar dalam kitab al-Ajwibah 'alâ Ahâdîts al-Mashâbîh menukil dari Ali bin Said an-Nasa`i, dia berkata, "Saya pernah bertanya kepada Ahmad mengenai salat Tasbih, dia menjawab, "Tidak ada hadis shahih mengenai hal itu." Saya berkata, "Apa pendapatmu mengenai riwayat Mustamir bin Rayyan dari Abu Jawza` dari Abdullah bin 'Amr?" Ahmad berkata, "Siapa yang memberitahumu?" "Muslim bin Ibrahim," jawab saya. Ahmad berkata, "Mustamir adalah tsiqah." Dia sepertinya menganggap baik hal itu."

Selanjutnya Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata, "Kisah yang diriwayatkan dari Ahmad ini menunjukkan bahwa dia telah kembali kepada pendapat yang menganjurkan salat itu. Adapun pendapat yang dinukil darinya tentang tidak adanya hadis shahih tentang salat Tasbih, maka hal itu bertentangan dengan ulama yang menguatkan riwayat tersebut dan mengamalkannya. Para ulama telah sepakat bahwa tidak boleh mengamalkan hadis maudhu', tapi boleh mengamalkan hadis dhaif dalam fadhâil al-a'mâl (amalan-amalan yang utama) serta dalam masalah at-targhîb wat-tarhîb (anjuran dan peringatan)."

Ibnu Hajar juga berkata, "Yang benar adalah bahwa hadis itu berada pada derajat hasan. Karena banyaknya jalur riwayat hadis ini sehingga memperkuat riwayat pertama."

Dan sebagaimana ditetapkan dalam kaidah syariah bahwa tidak boleh mengingkari perbuatan yang masih diperselisihkan, yang boleh adalah mengingkari perbuatan yang telah disepakati keharamannya. Sehingga, barang siapa yang mengamalkan salat ini dan selalu melaksanakannya dalam hari-hari yang penuh berkah, seperti sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, maka orang itu berada dalam kebaikan dan sesuai dengan Sunnah. Dan barang siapa yang enggan melaksanakannya karena mentaklid ulama yang mengingkari riwayat hadisnya, maka tidak apa-apa, dengan catatan tidak boleh mengingkari orang yang melakukannya.

Wallahu subhânahu wa ta'âlâ a'lam.


صلاة التسابيح

تاريخ الإجابة : 05/04/2006
الرقـم المسلسل : 562

اطلعنا على الطلب المقيد برقم 2868 لسنة 2005م والمتضمن السؤال عن صلاة التسابيح: هل أجازها الرسول صلى الله عليه وآله وسلم؟ وما ثواب من صلاها ليلة سبع وعشرين من رمضان؟

الـجـــواب : فضيلة الأستاذ الدكتور علي جمعة محمد

حديث صلاة التسابيح مروي من طرق كثيرة وعن جماعة من الصحابة, وقد أخرج حديثها أئمة الإسلام وحفاظه, وأمثل طرقها حديث عكرمة عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم للعباس بن عبد المطلب: «يَا عَبَّاسُ يَا عَمَّاهُ! أَلَا أُعْطِيكَ! أَلَا أَمْنَحُكَ! أَلَا أَحْبُوكَ! أَلَا أَفْعَلُ لَكَ عَشْرَ خِصَالٍ!, إِذَا أَنْتَ فَعَلْتَ ذَلِكَ غَفَرَ اللَّهُ لَكَ ذَنْبَكَ: أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ, قَدِيمَهُ وَحَدِيثَهُ, خَطَأَهُ وَعَمْدَهُ, صَغِيرَهُ وَكَبِيرَهُ, سِرَّهُ وَعَلَانِيَتَهُ, عَشْرُ خِصَالٍ: أَنْ تَصَلِّيَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ تَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ وَسُورَةً, فَإِذَا فَرَغْتَ مِنَ الْقِرَاءَةِ فِي أَوَّلِ رَكْعَةٍ وَأَنْتَ قَائِمٌ قُلْتَ: سُبْحَانَ اللَّهِ, وَالْحَمْدُ لِلَّهِ, وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ, وَاللَّهُ أَكْبَرُ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً, ثُمَّ تَرْكَعُ فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ رَاكِعٌ عَشْرًا, ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنَ الرُّكُوعِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا, ثُمَّ تَهْوِي سَاجِدًا فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ سَاجِدٌ عَشْرًا, ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنَ السُّجُودِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا, ثُمَّ تَسْجُدُ فَتَقُولُها عَشْرًا, ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ فَتَقُولُها عَشْرًا, فَذَلِكَ خَمْسٌ وَسَبْعُونَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ, تَفْعَلُ ذَلِكَ فِي أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ، إِنِ اسْتَطَعْتَ أَنْ تُصَلِّيَهَا فِي كُلِّ يَوْمٍ مَرَّةً فَافْعَلْ, فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّةً, فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ شَهْرٍ مَرَّةً, فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ سَنَةٍ مَرَّةً, فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي عُمُرِكَ مَرَّةً» رواه البخاري في جزء القراءة خلف الإمام، وأبو داود وابن ماجه وابن خزيمة في صحيحه, وصححه جماعة من الحفاظ منهم الدارقطني الذي أفردها بجميع طرقها في جزء, والحاكم في المستدرك, وأبو بكر الآجري وابن منده وألف في تصحيحه كتابًا, والخطيب البغدادي وجمع طرقها في جزء, وأبو سعد السمعاني, وأبو موسى المديني وجمع طرقها في جزء سماه تصحيح صلاة التسابيح, وأبو محمد عبد الرحيم المصري, وأبو الحسن المقدسي, والحافظ المنذري, والإمام الزركشي, وحسنه ابن الصلاح والنووي في التهذيب, وقال الإمام مسلم: "لا يروى في هذا الحديث إسناد أحسن من هذا"، وقال أبو داود: "ليس في صلاة التسبيح حديث صحيح غير هذا"، وقال الترمذي: "وقد رأى ابن المبارك وغير واحد من أهل العلم صلاة التسابيح وذكروا الفضل فيه, وقال الحاكم في المستدرك: "رواة هذا الحديث عن ابن المبارك كلهم ثقات أثبات, ولا يتهم عبد الله أن يعلمه ما لم يصح عنده سنده"، وقال البيهقي: "كان عبد الله بن المبارك يفعلها وتداولها الصالحون بعضهم من بعض, وفيه تقوية للحديث المرفوع"، وقال الديلمي في مسند الفردوس: "صلاة التسبيح أشهر الصلوات وأصحها إسنادا"، وقال عبد العزيز بن أبي رواد: "من أراد بحبوحة الجنة فعليه بهذه الصلاة

    والقول بأن هذه الصلاة مشروعة مستحبة هو مذهب الشافعية والحنفية وقول عند الحنابلة بجوازها، ويرى بعض العلماء أنها غير مستحبة ذهابًا منهم إلى تضعيف حديثها ومخالفة هيئتها لهيئة باقي الصلوات, ويروى هذا عن الإمام أحمد, وإليه ميل الحافظ ابن حجر في التلخيص, حيث نقل تضعيف حديثها عن ابن تيمية والمزي

     ويجيب أصحاب الرأي الأول بأن هذه الصلاة مروية من طرق كثيرة يقوي بعضها بعضًا, وأن ذلك اعتضد بفعل كثير من السلف لها ومداومتهم عليها, وأن مجرد المخالفة في هيئة الصلاة عن الهيئة المعتادة لا يقدح في مشروعيتها كما هو الحال في كثير من الصلوات كالعيدين والجنازة والكسوف والخسوف والخوف, وما نقل عن الإمام أحمد في إنكار حديثها قد جاء عنه أنه رجع عن ذلك, فنقل الحافظ ابن حجر في أجوبته عن أحاديث المصابيح عن علي بن سعيد النسائي قال: "سألت أحمد عن صلاة التسبيح, فقال: لا يصح فيها عندي شيء, قلت: المستمر بن الريان عن أبي الجوزاء عن عبد الله بن عمرو؟ فقال: من حدثك؟ قلت: مسلم بن إبراهيم, قال: المستمر ثقة, وكأنه أعجبه". اهـ، قال الحافظ ابن حجر: فهذا النقل عن أحمد يقتضي أنه رجع إلى استحبابها, وأما ما نقله عنه غيره فهو معارض بمن قوى الخبر فيها وعمل بها, وقد اتفقوا على أنه لا يعمل بالموضوع, وإنما يعمل بالضعيف في الفضائل وفي الترغيب والترهيب، ثم قال ابن حجر: "والحق أنه في درجة الحسن, لكثرة طرقه التي يقوى بها الطريق الأولى". اهـ

    ومن المقرر شرعًا أنه إنما ينكر المتفق عليه ولا ينكر المختلف فيه, فمن فعل هذه الصلاة وواظب عليها خصوصًا في المواسم المباركة كليالي العشر الأواخر من رمضان فهو على خير وسنة, ومن أبى ذلك تقليدًا لمن أنكر حديثها فلا حرج عليه بشرط عدم الإنكار على من فعلها, لأنه لا إنكار في مسائل الخلاف. والله سبحانه وتعالى أعلم


Sumber : Situs Lembaga Fawa Mesir / دار الإفتاء المصرية
http://www.dar-alifta.org/viewfatwa.aspx?id=562&mu&Home=1&LangID=1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar