ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Selasa, 19 November 2013

Status sholat jama' apabila sholat yang pertama tidak sah

===========

Status sholat jama' apabila sholat yang pertama tidak sah


Pertanyaan :
Assalamu'alaikum
Ketika seseorang mngerjakan sholat magrib dan setelah selesai dari sholatnya orang tersebut berdiri lagi mengerjakn sholat isya' dengan di jama' pada waktu magrib, dan ditengah-tengah sholat isya'nya orang itu ingat bahwa ada yang tertinggal dari rukun, raka'at atau syarat pada sholat maghrib yang telah usai dikerjkan.
Yang saya tanyakan; Apa yang harus dilakukn musholli (orang yang sholat) tersebut  jika hal itu terjdi?
Afiduni jazakumullohu khoir...
( Dari : Ebest Rapak Teduh )


Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh
Salah satu syarat dari sahnya sholat jama' taqdim adalah sholat yang dikerjakan sebelumnya diyakini atau memiliki persangkaan kuat sudah dikerjakan dengan sah, karena itu apabila sholat yang dikerjakan sebelumnya tidak sah karena telah meninggalkan salah satu dari syarat, rukun atau roka'atnya maka sholat yang kedua juga tidak sah.
Jadi yang harus dilakukan orang tersebut adalah tidak meneruskan sholat kedua tersebut (karena sholat tersebut tidak sah dan otomatis batal) dan mengulang sholat yang pertama sekaligus sholat yang kedua. Wallohu a'lam. 
( Dijawab oleh : Kudung Khantil Harsandi Muhammad )


Referensi :
Hasyiyah At-Tarmasi Alal Minhajul Qowim, Juz : 4  Hal : 138


Ibarot :
Hasyiyah At-Tarmasi Alal Minhajul Qowim, Juz : 4  Hal : 138

نعم, يمتنع التقديم للمتحيرة, وفاقد الطهورين, وكل من لم تسقط صلاته, لأن شرطه – كما يأتي – وقوع الأولى معتدا بها, وما يجب إعادته لا اعتداد به
........................................
قوله : ( لأن شرطه ) أي : جمع التقديم, تعليل للإستدراك المذكور. قوله : ( كما يأتي ) أي : قريبا في مبحث الشرط الاول من قولهم : ( ولو قدم الأولى وبان فسادها.... فسدت الثانية ). قوله : ( وقوع الاولى معتدا بها ) أي : صحيحة يقينا أو ظنا, وهو منتف في المتحيرة, بخلاف الجمع في وقت الثانثة. قوله : ( وما يجب إعادته ) أي : من الصلوات. قوله : ( لا اعتداد به ) أي : فانتفى به شرط الجمع
sumber:http://www.fikihkontemporer.com/2013/03/status-sholat-jama-apabila-sholat-yang.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar