ADZAN SAMBIL DUDUK?
=============
Pertanyaan :
Assalamu'alaikum...
Nggak bisa tidur gara-gara kangen grup ini.he..
ustadz... adzan itu nggak selalu dengan berdiri ya ? apa boleh dengan duduk walaupun mampu berdiri ?
( Dari : Dek Fadhila )
Jawaban :
Wa'alikum salam warohmatullohi wabarokatuh..
Semua ulama' sepakat mengenai disunatkannya berdiri saat adzan selama
masih mampu untuk berdiri, kecuali menurut satu pendapat dari Abu Tsur
yang memperbolehkan adzan sambil duduk meskipun tanpa ada udzur.
Ketentuan hukum ini didasarkan pada hadits nabi :
يَا بِلاَلُ، قُمْ فَأَذِّنْ
"Hai Bilal, berdirilah! Dan kumandangkan adzan" ( H.R Imam Bukhori, No.595 )
Begitu juga semua mu'adzdzin rosululloh adzan sambil berdiri.
Dan jika tidak mampu berdiri karena ada suatu udzur, maka diperbolehkan adzan dengan duduk berdasarkan satu riwayat :
قَالَ الْحَسَنُ الْعَبْدِيُّ: رَأَيْت أَبَا زَيْدٍ صَاحِبَ رَسُولِ
اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - وَكَانَتْ رِجْلُهُ
أُصِيبَتْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، يُؤَذِّنُ قَاعِدًا
Al Hasan Al Abdi berkata : " Aku pernah melihat Abu Zaid, salah satu
sahabat rosululloh-shollahu alaihi wasallam- adzan sambil duduk ketika
kakinya terluka karena perang fi sabilillah "
Dari kedua riwayat diatas disimpulkan bahwa duduk saat adzan tanpa adanya udzur hukumnya makruh. Wallohu A'lam
( Dijawab oleh : Siroj Munir )
Referensi :
1. Al Ijma' Li Ibnul Mundzir, Hal : 38
2. Al Mughni Li Ibnu Qudamah, Juz : 1 Hal : 307-308
Ibarot :
Al Ijma' Li Ibnul Mundzir, Hal : 38
وأجمعوا على أن من السنة أن يؤذن المؤذن قائمًا ، وانفرد أبو ثور فقال: يؤذن جالسا من غير علة
Al Mughni Li Ibnu Qudamah, Juz : 1 Hal : 307-308
فصل ينبغي أن يؤذن قائما
فصل: وينبغي أن يؤذن قائما، قال ابن المنذر: أجمع كل من أحفظ عنه من أهل
العلم، أن السنة أن يؤذن قائما. وفي حديث أبي قتادة الذي رويناه، «أن
النبي - صلى الله عليه وسلم - قال لبلال قم فأذن» . وكان مؤذنو رسول الله -
صلى الله عليه وسلم - يؤذنون قياما. وإن كان له عذر فلا بأس أن يؤذن قاعدا
قال الحسن العبدي: رأيت أبا زيد صاحب رسول الله - صلى الله عليه وسلم -
وكانت رجله أصيبت في سبيل الله، يؤذن قاعدا رواه الأثرم.
فإن أذن قاعدا لغير عذر فقد كرهه أهل العلم، ويصح؛ فإنه ليس بآكد من
الخطبة، وتصح من القاعد. قال الأثرم: وسمعت أبا عبد الله يسأل عن الأذان
على الراحلة؟ فسهل فيه، وقال: أمر الأذان عندي سهل. وروي عن ابن عمر، أنه
كان يؤذن على الراحلة، ثم ينزل فيقيم. وإذا أبيح التنفل على الراحلة،
فالأذان أولى
sumber:http://www.fikihkontemporer.com/2012/09/adzan-sambil-duduk.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar