ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Sabtu, 16 November 2013

Hukum berdzikir tanpa wudlu' terlebih dahulu

===========

Hukum berdzikir tanpa wudlu' terlebih dahulu


Pertanyaan :
Asslamualaikum.
Berdzikir apa harus memiliki wudhu'?
Mohon ibarotnya.
( Dari : Chaya Maymey )


Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh
Imam Nawawi menjelaskan bahwa semua ulama' sepakat mengenai kebolehan berdzikir bagi orang yang sedang berhadats, baik itu hadats besar, seperti orang yang sedang jubub dan wanita yang sedang haidh, Nifas atau hadats kecil, seperti orang yang beser (terus menerus mengeluarkan air kencing) dan wanita yang sedang istihadhoh.
Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh A'isyah rodhiyallohu 'anhu :

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَذْكُرُ اللهَ عَلَى كُلِّ أَحْيَانِهِ

"Nabi shollallohu 'alaihi wasallam berdzikir kepada Alloh pada semua keadaan beliau" (Shohih Muslim, no.373)
Namun disunatkan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum berdzikir, berdasarkan hadits :

عَنِ الْمُهَاجِرِ بْنِ قُنْفُذٍ، أَنَّهُ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ يَبُولُ فَسَلَّمَ عَلَيْهِ، فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ حَتَّى تَوَضَّأَ، ثُمَّ اعْتَذَرَ إِلَيْهِ فَقَالَ : إِنِّي كَرِهْتُ أَنْ أَذْكُرَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا عَلَى طُهْرٍ أَوْ قَالَ: عَلَى طَهَارَة

"Dari al-Muhajir bin Qunfudz rodhiyallohu 'anhu, bahwasanya dia mendatangi Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam ketika sedang buang air kecil. Ia mengucapkan salam kepada Rosulullah namun beliau tidak menjawab salamnya hingga beliau berwudhu, lalu beliau mengemukakan alasan kepadanya, seraya bersabda:"Sesungguhnya aku tidak suka menyebt nama Allah Azza wa Jalla melainkan dalam keadaan suci." (Sunan Abu Dawud, no.17 dan  Shohih Ibnu Hibban, no.803)
Kesimpulannya, saat seseorang akan berdzikir tidak diwajibkan wudhu terlebih dahulu, namun disunatkan untuk wudhu sebelumnya. Wallohu a'lam.
( Dijawab oleh : Mazz Rofii, Ubaid Bin Aziz Hasanan, Siroj Munir dan Mbah Godek )


Referensi :
1. Al-Adzkar, Hal : 11
2. Syarah Muslim Lin-Nawawi, Juz : 4  Hal : 68
3. Hasyiyah I'anatut Tholibin, Juz : 1  Hal : 77
4. Syarah Mandhumah Al-Iroqi, Hal : 25


Ibarot :
Al-Adzkar, Hal : 11

 فصل: أجمع العلماء على جواز الذكر بالقلب واللسان للمحدث والجنب والحائض والنفساء، وذلك في التسبيح والتهليل والتحميد والتكبير والصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم والدعاء وغير ذلك

Syarah Muslim Lin-Nawawi, Juz : 4  Hal : 68

حدثنا أبو كريب محمد بن العلاء، وإبراهيم بن موسى، قالا: حدثنا ابن أبي زائدة، عن أبيه، عن خالد بن سلمة، عن البهي، عن عروة، عن عائشة، قالت: «كان النبي صلى الله عليه وسلم يذكر الله على كل أحيانه
................................................
 (باب ذكر الله تعالى في حال الجنابة وغيرها)
قول عائشة رضي الله عنها (كان النبي صلى الله عليه وسلم يذكر الله تعالى على كل أحيانه) هذا الحديث أصل في جواز ذكر الله تعالى بالتسبيح والتهليل والتكبير والتحميد وشبهها من الأذكار وهذا جائز بإجماع المسلمين

Hasyiyah I'anatut Tholibin, Juz : 1  Hal : 77
قال العلامة الكردي: وقفت على منظومة للعراقي فيما سن له الوضوء، وهي
ويندب للمرء الوضوء فخذ لدي * * مواضع تأتي وهي ذات تعدد
قراءة قرآن سماع رواية * * ودرس لعلم والدخول لمسجد
وذكر وسعي مع وقوف معرف * * زيارة خير العالمين محمد

Syarah Mandhumah Al-Iroqi, Hal : 25

السادسة : ذكر الله
لما روي أبو داود – واللفظ له – والنسائي وابن ماجهو بإسناد جيد عن المهاجر بن قنفذ، أنه أتى النبي صلى الله عليه وسلم وهو يبول فسلم عليه، فلم يرد عليه حتى توضأ، ثم اعتذر إليه فقال : إني كرهت أن أذكر الله عز وجل إلا على طهر أو قال: على طهارة
sumber:http://www.fikihkontemporer.com/2013/03/hukum-berdzikir-tanpa-wudhu-terlebih.html