Akad nikah orang yang bisu
Pertanyaan :
Assalamu alaikum
Bagaimanakah solusinya akad nikahnya orang bisu ?
( Dari : Ricardo Coco Alvarez )
Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh
Salah satu syarat dari akad nikah adalah ijab qobulnya harus dilakukan
dengan sighot (perkataan) yang shorih (jelas), apabila ijab qobulnya
dilakukan dengan sighot kinayah, yaitu perkataan yang masih
dimungkingkan ada maksud lain maka akad nikah tersebut hukumnya tidak
sah.
Karena itu mengenai permasalahan akad nikah yang dilaksanakan oleh orang yang bisu, akad nikahnya dilakukan dengan cara :
1. Mewakilkan akad nikahnya pada orang yang mampu berbicara.
2. Orang bisu tersebut melaksanakan akad nikahnya sendiri, sedangkan
shighot ijab qobulnya dengan memakai isyarat yang bisa dipahami bukan
hanya oleh orang yang pandai saja, dalam artian isyaratnya dipahami oleh
orang pada umumnya. Aqad nikah yang dilakukan dengan isyarat yang bisa
dipahami ini dihukumi sah sebab dalam hal ini isyarat tersebut
dikategorikan sebagai sighot yang shorih.
Sedangkan apabila isyaratnya masih samar dan belum jelas sehingga hanya
bisa dipahami oleh orang yang pandai saja maka isyaratnya dalam ijab
qobul dikategorikan sebagai sighot kinayah. Dalam permasalahan ini
terdapat perbedaan pendapat diantara ulama'; menurut sebagian ulama'
akad nikahnya tetap sah karena dianggap sebagai pengecualian dari tidak
sahnya akad nikah yang dilaksanakan dengan sighot kinayah, sedangkan
menurut sebagian ulama' lainnya hukumnya tidak sah karena akad nikah
yang dilakukan dengan sighot kinayah hukumnya tidak sah, dan menurut
mereka hal ini juga berlaku dalam masalah ini, jadi akad nikah tersebut
baru dihukumi sah apabila dilakukan dengan isyarat yang bisa dipahami
minimal oleh wali nikah yang mengakadkannya, entah itu ayahnya, kakeknya
atau wali hakim.
3. Akad nikahnya dilaksanakan dengan tulisan, namun dalam masalah ini
juga terdapat perbedaan pendapat dikalangan ulama' karena mengacu pada
ketentuan bahwa akad nikah tidak sah apabila dilakukan dengan sighot
kinayah; Menurut sebagian ulama' hukumnya sah, sebagian ulama' lainnya
menyatakan tidak sah, dan sebagian ulama' lain menyatakan sah apabila
memang tidak ada yang mewakili orang bisu untuk melaksanakan akad nikah.
( Dijawab oleh : Siroj Munir, Kudung Khantil Harsandi Muhammad dan Farid Muzakki )
Referensi :
1. Tuhfatul Muhtaj, Juz : 7 Hal : 221
2. Hasyiyah Al-Bujairomi Ala Syarhil Manhaj, Juz : 3 Hal : 333
3. Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 4 Hal : 56-57
Ibarot :
Tuhfatul Muhtaj, Juz : 7 Hal : 221
وينعقد نكاح الأخرس بإشارته التي لا يختص
بفهمها الفطن وكذا بكتابته بلا خلاف على ما في المجموع لكنه معترض بأنه يرى
أنها في الطلاق كناية والعقود أغلظ من الحلول فكيف يصح النكاح بها فضلا عن
كونه بلا خلاف وقد يجاب بحمل كلامه على ما إذا لم تكن له إشارة مفهمة
وتعذر توكيله لاضطراره حينئذ ويلحق بكتابته في ذلك إشارته التي يختص بفهمها
الفطن
Hasyiyah Al-Bujairomi Ala Syarhil Manhaj, Juz : 3 Hal : 333
ويستثنى من عدم الصحة بالكناية كتابة
الأخرس وكذا إشارته التي اختص بفهمها الفطن؛ فإنهما كنايتان وينعقد بهما
النكاح منه تزويجا، وتزوجا اهـ. من شرح م ر وع ش عليه من موانع ولاية
النكاح، وبعضهم منع انعقاده بالكناية مطلقا حتى في هاتين الصورتين قال: ولا
ينعقد نكاح الأخرس بالإشارة إلا إذا كان يفهمها كل أحد قال م ر فيما يأتي:
فإن لم يفهم إشارته أحد زوجه الأب، فالجد، فالحاكم
Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 4 Hal : 56-57
التصريح بلفظ الزواج، أو النكاح في الإيجاب وفي القبول
إلى أن قال- عقد النكاح بألفاظ الكناية
لا يصح عقد الزواج بألفاظ الكناية بأي لغة
كانت. وألفاظ الكناية: هي التي تحتمل الزواج وغيره: كأحللتك ابنتي، أو
وهبتها لك، لأن ألفاظ الكناية تحتاج إلى النية، والنية محلها القلب
وعقد النكاح يشترط فيه الشهود، والشهود لا يطلعون على ما في القلوب، حتى يشهدوا: إن كان العاقدان قد نويا النكاح، أو غيره
عقد النكاح بالكتابة
وكذلك لا ينعقد النكاح بالكتابة، سواء كان
المتعاقدان حاضرين أو غائبين. فلو كتب ولي الزوجة إلى غائب، أو حاضر:
زوجتك ابنتي، فوصل الكتاب إلى الزوج، فقرأه، وقال: قبلت زواج ابنتك، لم يصح
العقد، لأن الكتابة من الكناية، والنكاح لا ينعقد بالكناية
إشارة الأخرس المفهمة
أما إشارة الأخرس المفهمة، وهي التي لا
يختص بفهم المراد منها الفطنون الأذكياء، فإنها ينعقد بها عقد النكاح لأنها
تنزل منزلة اللفظ الصريح. أما إذا كانت إشارته خفية، لا يفهمها إلا
الأذكياء الفطنون، فلا ينعقد بها الزواج، لأنها عندئذ تنزل منزلة الكناية،
والكناية لا ينعقد بها الزواج
sumber:http://www.fikihkontemporer.com/2013/03/akad-nikah-orang-yang-bisu.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar