ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 13 November 2013

Ketika ayah tidak diketahui keberadaannya, siapakah yang menjadi wali?

================

Ketika ayah tidak diketahui keberadaannya, siapakah yang menjadi wali?


Pertanyaan :
Sobat, nimbrung share nich, gimana hukumnya nikah dengan menggunakan wali hakim dengan sebab ayahnya nggak ada kabar sudah lama, tapi disini masalhnya adik kandungnya masih ada?

( Dari : Luluk Achmed )


Jawaban :
Menurut madzhab syafi'i, apabila seorang wali yang terdekat, semisal ayah setelah dicari tidak diketahui keadaannya, sudah meninggal atau belum, dan apabila masih hidup, jarak keberadaannya jauh (mencapai jaraknya qoshor)  atau tidak, maka perwaliannya tidak berpindah kepada wali yang jauh, seperti adik atau pamannya, namun berpindah kepada hakim, artinya  pernikahannya dilakasanakan dengan wali hakim. Namun dianjurkan kepada hakim untuk mengizinkan walinya yang jauh untuk menjadi wali nikah atau meminta izin terlebih dahulu kepada wali yang jauh untuk menghindari khilaf (perbedaan pendapat) ulama' yang menyatakan bahwa apabila wali terdekat tidak diketahui keberadaan dan kondisinya, maka perwaliannya beralih kepada wali yang jauh..

Kesimpulannya, jika memang ayahnya setelah dicari tidak ketemu, dan tidak diketahui keberadaan dan kondisinya, maka pernikahan tersebut dilaksanakan dengan wali hakim, namun dianjurkan kepada hakim untuk mengizinkan wali yang jauh menjadi wali nikah, atau meminta izin dulu kepada wali yang jauh. Wallohu a'lam.

( Dijawab oleh : Mazz Rofii, Kudung Khantil Harsandi Muhammad, Siroj Munir dan  Aslim Tas'ad Sie Pengajian )



Referensi :
1. Al-Hawi Al-Kabir, Juz : 9  Hal : 110-111
2. Bughyatul Mustarsyidin, Hal : 432
3. Nihayatul Muhtaj, Juz : 6  Hal : 241
4. Asnal Matholib, Juz : 3  Hal : 133-134

Ibarot :
Al-Hawi Al-Kabir, Juz : 9  Hal : 110-111

مسألة : قال الشافعي رضي الله عنه: فإن كان أولاهم بها مفقودا أو غائبا بعيده كانت غيبته أم قريبة زوجها السلطان بعد أن يرضى الخاطب ويحضر أقرب ولاتها وأهل الحزم من أهلها ويقول هل تنقمون شيئا؟ فإن ذكروه نظر فيه
قال الماوردي: وهذا صحيح. إذا ثبت أن الولاية يستحقها الأقرب دون الأبعد فكان الأقرب مفقودا أو غائبا لم ينتقل الولاية عنه إلى ما هو أبعد
Bughyatul Mustarsyidin, Hal : 432

مسألة : ي : يصح تزويج الحاكم من غاب وليها بعد البحث عنه هل هو بمسافة القصر أم لا ؟ فلو شك وتعذر الإذن لعدم العلم بمحله صح أيضاً ما لم يبن قريباً

Nihayatul Muhtaj, Juz : 6  Hal : 241
 ولو) (غاب) الولي (الأقرب) نسبا، أو ولاء (إلى مرحلتين) ، أو أكثر ولم يحكم بموته وليس له وكيل حاضر في تزويج موليته (زوج السلطان) لا الأبعد وإن طالت غيبته وجهل محله وحياته لبقاء أهلية الغائب وأصل بقائه والأولى أن يأذن للأبعد، أو يستأذنه خروجا من الخلاف
Asnal Matholib, Juz : 3  Hal : 133-134

فصل : وإن غاب الولي مسافة القصر لا دونها زوجها قاضي بلدها) –إلى أن قال- (وكذا المفقود) الذي لا يعرف مكانه ولا موته ولا حياته يزوج عنه القاضي لتعذر نكاحها من جهته فأشبه ما إذا عضل (ما لم يحكم بموته) وإلا زوجها الأبعد (ولو لم تثبت) أي تقم بينة (بغيبة الولي وبالخروج عن النكاح والعدة) فإن القاضي يزوجها (لكن يستحب ذلك) أي إقامة البينة بذلك –إلى أن قال- فرع يستحب للقاضي عند غيبة) الولي (الأقرب) الغيبة المعتبرة (أن يأذن للأبعد) أن يزوج (أو يستأذنه) ليزوج
 
sumber:http://www.fikihkontemporer.com/2012/12/ketika-ayah-tidak-diketahui.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar