Status hukum pernikahan kedua sebagai legalitas (Tajdid Nikah/Memperbarui nikah)
Pertanyaan :
Bgaimana menurut kalian, jika ada orang nikah malem telah akad sama
kyai, trus siangnya akad lagi sama petugas dari KUA. Pertanyaanya;
bagaimana hukum nikah yang akadnya dua kali ?
( Dari : Muhammed Ma'shum Aly Marzuqy )
Jawaban :
Praktek diatas dalam pandangan fiqih disebut tajdid nikah atau pembaruan
nikah. Tajdid nikah itu hukumnya boleh, apabila bertujuan untuk
menguatkan status pernikahan, seperti pada kasus diatas, pernikahan
kedua dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh legalitas dan status
hukum yang jelas dari pemerintah.
Sedangkan hal yang menjadi perbedaan pendapat dikalangan ulama' madzhab
Syafi'i adalah tentang status akad nikah dan mengenai pemberian
maharnya;
1. Menurut pendapat mayoritas ulama', akad nikah kedua tidak merusak
akad pertama, sebab akad yang kedua hanyalah akad nikah yang dalam
bentuknya saja, dan hal tersebut bukan berrti merusak akad yang pertama.
Pendapat ini merupakan pendapat yang Shohih dalam madzhab Syafi'i,
sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibnu Hajar dalam Fathul Bari. Sedangkan
dalil bahwa akad kedua tidak merusak akad pertama, seperti yang
dijelaskan Imam Ibnul Munir adalah hadits yang diriwayatkan Salamah
rodhiyallohu 'anha ;
بَايَعْنَا النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَحْتَ الشَّجَرَةِ، فَقَالَ لِي: «يَا سَلَمَةُ أَلاَ
تُبَايِعُ؟»، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَدْ بَايَعْتُ فِي الأَوَّلِ،
قَالَ: وَفِي الثَّانِي
Kami melakukan bai’at kepada Nabi SAW di bawah pohon kayu. Ketika
itu, Nabi SAW menanyakan kepadaku : “Ya Salamah, apakah kamu tidak
melakukan bai’at ?. Aku menjawab : “Ya Rasulullah, aku sudah melakukan
bai’at pada waktu pertama (sebelum ini).” Nabi SAW berkata : “Sekarang
kali kedua.” (Shohih Bukhori, no.7208)
Karena akad yang kedua tidak merusak akad nikah yang pertama, maka akad
yang kedua juga tidak mengurangi jatah talak suami, jika sebelumnya
belum menjatuhkan talak, maka jatah talaknya masih 3, dan bila sudah
menjatuhkan talak satu, maka jatah talaknya tinggal 2 dan seterusnya.
Begitu juga pihak laki-laki tidak perlu memberikan mahar lagi.
2.Menurut Syekh Ardabili, sebagaimana yang beliau jelaskan dalam kitab
Al-Anwar Li A'malil Abror, dengan melakukan tajdid nikah, maka nikah
yang pertama telah rusak, dan tajdid nikah itu dianggap sebagai
pengakuan (iqror) perpisahan, dan tajdid nikah tersebut mengurangi jatah
talak suami, dan diharuskan memberikan mahar lagi.
Kesimpulannya, akad nikah yang dilakukan oleh petugas KUA itu
diperbolehkan, apalagi hal ini menyangkut legalitas akad nikah, dan
menurut pendapat mayoritas ulama' akad nikah yang kedua tidak wajib
menggunakan mahar dan akad kedua tersebut tidak mengurangi hitungan
nikah suami. Wallohu a'lam.
( Dijawab oleh : Siroj Munir, Mahrusalfaqir Ilaafwirabbihi dan Ubaid Bin Aziz Hasanan )
Referensi :
1. Qurrotul 'Ain Bi Fatawi Isma'il Az-Zen, Hal :148
2. Tuhfatul Muhtaj, Juz : 7 Hal : 391
3. Fathul Bari Li Ibnu Hajar, Juz : 13 Hal : 199
4. Al Anwar Li A'malil Abror, Juz : 2 Hal : 88
Ibarot :
Qurrotul 'Ain Bi Fatawi Isma'il Az-Zen, Hal :148
حكم التجديد النكاح
سؤال : ما حكم تجديد النكاح ؟
الجواب: أنه إذا قصد به التأكيد فلا بأس به لكن الأولى تركه والله أعلم
تجديد عقد النكاح لا يوجب مهرا جديدا
سؤال : ماقولكم فيمن جدد نكاحه فهل يجب
عليه أو يسن أن يعطيها الصداق مرة ثانية لذكره في العقد الجديد أولا سواء
طلقها الزوج بعد ذلك أو لا ؟
الجواب : لايجب عليه أن يجدد صداقا وتجديد صيغة عقد النكاح فإنما هي للتأكيد والأولى والله سبحانه وتعالى أعلم
ولو توافقوا) أي الزوج والولي والزوجة
الرشيدة فالجمع باعتبارها أو باعتبار من ينضم للفريقين غالبا (على مهر سرا
وأعلنوا بزيادة فالمذهب وجوب ما عقد به) أولا إن تكرر عقد قل أو كثر اتحدت
شهود السر والعلن أم لا لأن المهر إنما يجب بالعقد فلم ينظر لغيره ويؤخذ من
أن العقود إذا تكررت اعتبر الأول مع ما يأتي أوائل الطلاق أن قول الزوج
لولي زوجته زوجني كناية بخلاف زوجها فإنه صريح أن مجرد موافقة الزوج على
صورة عقد ثان مثلا لا يكون اعترافا بانقضاء العصمة الأولى بل ولا كناية فيه
وهو ظاهر ولا ينافيه ما يأتي قبيل الوليمة أنه لو قال كان الثاني تجديد
لفظ لا عقدا لم يقبل لأن ذاك في عقدين ليس في ثانيهما طلب تجديد وافق عليه
الزوج فكان الأصل اقتضاء كل المهر وحكمنا بوقوع طلقة لاستلزام الثاني لها
ظاهرا وما هنا في مجرد طلب من الزوج لتحمل أو احتياط فتأمله
Fathul Bari Li Ibnu Hajar, Juz : 13 Hal : 199
حدثنا أبو عاصم، عن يزيد بن أبي عبيد، عن
سلمة، قال: بايعنا النبي صلى الله عليه وسلم تحت الشجرة، فقال لي: يا سلمة
ألا تبايع؟، قلت: يا رسول الله، قد بايعت في الأول، قال: وفي الثاني
.................................
وقال بن المنير : يستفاد من هذا الحديث أن
إعادة لفظ العقد في النكاح وغيره ليس فسخا للعقد الأول خلافا لمن زعم ذلك
من الشافعية قلت الصحيح عندهم أنه لا يكون فسخا كما قال الجمهور
Al Anwar Li A'malil Abror, Juz : 2 Hal : 88
ولو عقد بالسر بألف وفى العلانية بألفين
وهما متفقان على بقاء العقد الاول فالمهر الف–الى ان قال– ولو جدد رجل نكاح
زوجته لزمه مهر اخر لانه اقرار بالفرقة وينتقص به الطلاق ويحتاج الى
التحليل فى امرأة الثالثة اهـ
sumber:http://www.fikihkontemporer.com/2013/02/status-hukum-pernikahan-kedua-sebagai.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar