ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 13 November 2013

Orang yang berhak menjadi wali nikah jika bapak sudah meninggal dunia

=========

Orang yang berhak menjadi wali nikah jika bapak sudah meninggal dunia


Pertanyaan :
Assalamualaikum, yang berhak menjadi wali saat menikah jika bapaknya sudah meninggal siapa jika adiknya masih berumur 15? yang ada tinggal paman dan adiknya. makasih

( Dari : Siska Maroatusolikah )


Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh

Para ulama' madzhab syafi'i dalam kitab-kitab fiqih menjelaskan urutan orang-orang yang berhak menjadi wali nikah dan yang didahulukan menjadi wali nikah adalah sebagai berikut :

1.Ayah
Ayah ditempatkan pada posisi pertama sebagai orang yang paling berhak menjadi wali, karena tujuan diharuskan adanya wali dalam pernikahan adalah untuk membahagiakan wanita dengan kehadiran orang terdekatnya, dan orang yang paling dekat dan sayang pada wanita tersebut pada umumnya adalah ayahnya. Alasan lainnya, sebab semua orang yang diperbolehkan menjadi wali pada umumnya mengacu pada kedekatan hubungannya dengan ayah.

2.Kakek, yang dimaksud adalah ayahnya bapak, keatas
Kakek menempati urutan kedua, dan didahulukan dari semua pewaris ashobah karena memiliki keistimewaan dialah yang melahirkan ayah dari wanita yang dinikahkan.

3.Saudara kandung laki-laki seayah seibu
4.Saudara kandung laki-laki seayah
5.Anak dari saudara kandung laki-laki (keponakan) seayah seibu
6.Anak dari saudara kandung laki-laki seayah
7.Paman dari jalur ayah dan ibu
8.Paman dari jalur ayah
9.Anaknya paman (sepupu) dari jalur ayah dan ibu
10.Anaknya paman dari jalur ayah
11.Pewaris-pewaris ashobah

Urutan diatas didasarkan pada kedekatan hubungan seseorang dengan ayah wanita yang dinikahkan, mana yang paling dekat hubungannya dengan ayah, maka dialah yang didahulukan.

12.Hakim
Pada urutan terakhir adalah hakim, dan ini adalah pilihan terakhir, jika semua orang yang berhak menjadi wali sudah tidak ada. Dalilnya adalah hadis nabi ;

السُّلْطَانُ وَلِيُّ مَنْ لَا وَلِيَّ لَهُ

"Sultan (hakim) adalah wali bagi orang yang tidak memiliki wali" (Sunan Abu Dawud, no.2083, Sunan At-Turmudzi, no.1102, Sunan Ibnu Majah, no.1879 dan Shohih Ibnu Hibban, no.4074)

Berdasarkan penjelasan mengenai urutan yang ditetapkan para ulama' diatas, dapat disimpulkan bahwa apabila ayah dari wanita tersebut tidak ada, maka adiknya bisa menjadi wali nikah baginya jika memang adiknya seorang laki-laki seayah seibu atau seayah, dan memenuhi syarat untuk menjadi wali nikah, jika ketentuan tersebut tidak terpenuhi, posisi wali nikah beralih kepada paman dari jalur ayah dan ibu atau dari jalur ayah yang telah memenuhi syarat, jika sudah tidak ada lagi yang biasa menjadi wali nikah, maka wali nikahnya adalah hakim (na'ib). Wallohu a'lam.

( Dijawab oleh :Mazz Rofii, Wijhatun Maftuhah, Aslim Tas'ad Sie Pengajian dan Siroj Munir )



Referensi :
1. Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 4  Hal : 62-63
2. Fathul Qorib, Hal : 228-229
3. Al-Majmu', Juz : 16  Hal : 154-155
4. Tuhfatul Muhtaj, Juz : 7  Hal : 247
5. Mughnil Muhtaj, Juz : 4  Hal : 249


Ibarot :
Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 4  Hal : 62-63

الأولياء في الزواج حسب ترتيبهم
والأولياء في الزواج هي على الترتيب الآتي: الأب, ثم الجد أبو الأب, ثم الأخ الشقيق, ثم الأخ من الأب, ثم ابن الأخ الشقيق, ثم ابن الأخ من الأب, ثم العم الشقيق, ثم العم من الأب, ثم ابن العم الشقيق, ثم ابن العم من الأب. وهكذا سائر العصبات، فإن عُدمت العصبات فالقاضي، لما سبق من قوله - صلى الله عليه وسلم -:فالسلطان وليّ من لا وليّ له

Fathul Qorib, Hal : 228-229
ترتيب الولاية
(وأولى الولاة) أي حق الأولياء بالتزويج (الأب، ثم الجد أبو الأب) ثم أبوه وهكذا. ويقدم الأقرب من الأجداد على الأبعد، (ثم الأخ للأب والأم) ولو عبر بالشقيق لكان أحصر، (ثم الأخ للأب، ثم ابن الأخ للأب والأم) وإن سفل، (ثم ابن الأخ للأب) وإن سفل، (ثم العم) الشقيق ثم العم للأب، (ثم ابنه) أي ابن كل منهما وإن سفل (على هذا الترتيب)، فيقدم ابن العم الشقيق على ابن العم للأب. (فإذا عدمت العصبات) من النسب (فالمولى المعتق) الذكر، (ثم عصابته) على ترتيب الإرث. أما المولاة المعتقة إذا كانت حية فيزوج عتيقتها من يزوج المعتقة بالترتيب السابق في أولياء النسب. فإذا ماتت المعتقة زوج عتيقتها من له الولاء على المعتقة ثم ابنه ثم ابن ابنه، (ثم الحاكم) يزوج عند فقد الأولياء من النسب والولاء

Al-Majmu', Juz : 16  Hal : 154-155

فرع : إذا كانت المنكوحة حرة فأولى الولاة بتزويجها الاب لان سائر الاولياء يدلون به، ولان القصد بالولي طلب الحظ لها والاب أشفق عليها، وأطلب للحظ لها من غيره، فإن لم يكن أب وهناك جد أو أب أوجد من أجداد الاب الوارثين وإن علا فهو أولى من الاخ. وحكى عن مالك أنه قال: الاخ أولى من الجد. دليلنا أن الجد له ولادة وتعصيب فكان مقدما على الاخ كالاب، فإن قيل هلا قلتم إن الجد يساوى الاخ في الولاية كما قلتم في الميراث؟ قلنا الفرق بينهما أن الميراث مستحق بالتعصيب المحض، ولهذا قدم الابن على الاب في الميراث والاخ يساوى الجد في التعصيب أو هو أقوى من الجد في التعصيب بدليل أنه يعصب أخواته وإنما لم يقدم عليه في الميراث للاجماع فلذلك سوينا بينهما في الارث، والولاية في النكاح تستحق بالشفقة وطلب الحظ، بدليل أن الابن لا ولاية له على أمه لذلك. والجد أكثر شفقه عليها من الاخ فكان أولى، فإن عدم الاجداد من قبل الاب انتقلت الولاية إلى الاخوة للاب والام أو الاب ثم إلى بنيهم ويقدمون على الاعمام وبنيهم لانهم يدلون بالاب، والاعمام يدلون بالجد، والاب أقرب من الجد، فإن عدم الاخ وبنوهم انتقلت الولاية للاعمام ثم إلى بنيهم، ويقدمون على أعمام الاب وبنيهم، لان الاعمام يدلون بالجد، وأعمام الاب يدلون بابن الجد وعلى هذا يقدم الاقرب فالاقرب كما قلنا في الميراث

Tuhfatul Muhtaj, Juz : 7  Hal : 247
وأحق الأولياء) بالتزويج (أب) ؛ لأنه أشفقهم (ثم جد) أبو الأب (ثم أبوه) ، وإن علا لتميزه بالولادة (ثم أخ لأبوين، أو لأب) أي ثم لأب كما سنذكره لإدلائه بالأب (ثم ابنه، وإن سفل) كذلك (ثم عم) لأبوين ثم لأب (ثم سائر العصبة كالإرث) خاص بسائر وإلا استثني منه الجد فإنه يشارك الأخ ثم ويقدم عليه هنا

Mughnil Muhtaj, Juz : 4  Hal : 249
وأحق الأولياء) بالتزويج (أب) لأن سائر الأولياء يدلون به كما قاله الرافعي ومراده الأغلب وإلا فالسلطان والمعتق وعصبته لا يدلون به (ثم جد) أبو أب (ثم أبوه) وإن علا لاختصاص كل منهم عن سائر العصبات بالولادة مع مشاركته في العصوبة (ثم أخ لأبوين أو لأب) لأن الأخ يدلي بالأب فهو أقرب من ابنه (ثم ابنه) أي ابن كل منهما (وإن سفل) لأنه أقرب من العم (ثم عم) لأبوين أو لأب ثم ابن كل منهما وإن سفل (ثم سائر العصبة) من القرابة أي باقيهم (كالإرث) لأن المأخذ فيهما واحد
 
sumber:http://www.fikihkontemporer.com/2012/12/orang-yang-berhak-menjadi-wali-nikah.html