ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Kamis, 07 November 2013

Gelar Kota Makkah Cukup Banyak (Antara Lain:Al-Haram, Al-Amin, Al-Balad, Al-Qaryah, Al-Hathimah, al-Sholah)

===========

Gelar Kota Makkah

Oleh: Hasan Husen Assagaf 
 
Makkah memiliki gelar yang banyak sekali, seperti Al-Haram, Al-Amin, Al-Balad, Al-Qaryah, Al-Hathimah, Sholah dan masih banyak lagi yang sulit disebut satu persatu. Akan tetapi ada beberapa gelar yang paling populer bagi masyarakat muslim dari zaman Nabi saw sampai sekarang. Gelar itu disebut dalam Al-Quran dan ada 4 gelar yaitu; Makkah, Umul Qura’, Bakkah, dan Al-Balad.
Biasanya, bila satu nama diabadikan dalam Al-Qur’an berarti nama itu memiliki kedudukan yang mulia dan luhur. Apalagi jika nama itu disebut berkali kali, bahkan dengan julukan yang berlainan, sudah pasti Allah menaruh perhatian yang besar terhadap nama itu. Begitulah Makkah memiliki julukan yang disebut berulang kali dalam Al-Qur’an, bahkan dari kemuliaan kota Makkah Allah telah mempatenkan namanya sebagai nama salah satu surat dalam Al-Quran, yaitu surat Al-Balad (Makkah).
Sekarang, mari kita bersama sama melihat 4 julukan nama terbeken yang diberikan Allah kepada kota kesayangaNya…Makkah:
Pertama, kota itu dijuluki Makkah sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Fath ayat 24 :

وَهُوَ الَّذِي كَفَّ أَيْدِيَهُمْ عَنكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ عَنْهُم بِبَطْنِ مَكَّةَ مِن بَعْدِ أَنْ أَظْفَرَكُمْ عَلَيْهِمْ وَكَانَ اللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرا

” Dan Dialah yang menahan tangan mereka dari (membinasakan) kamu dan (menahan) tangan kamu dari (membinasakan) mereka di tengah kota Makkah sesudah Allah memenangkan kamu atas mereka, dan adalah Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”
Kedua, kota Makkah digelari juga dalam Al-Qur’an dengan nama Umul Qura’ yang dalam bahasa Arab artinya ibu kota, sesuai dengan firmanNya dalam surat Al-An’aam ayat 92 yang berbunyi:

وَهَـذَا كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ مُّصَدِّقُ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَلِتُنذِرَ أُمَّ الْقُرَى وَمَنْ حَوْلَهَا

” Dan ini (Al Qur’an) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Umulqura’ (Mekah) dan orang-orang yang di luar lingkungannya”
Ketiga, kota Makkah dijuluki juga dengan nama Bakkah, sesuai dengan firmanNya dalam surat Al’imran ayat 96 yang berbunyi:

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكاً وَهُدًى لِّلْعَالَمِينَ

” Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.”
Keempat, kota Makkah dijuluki juga dengan nama Al-Balad yang artinya dalam bahasa Arab kota, sesuai dengan firmanNya dalam surat Al-Balad ayat 1 yang berbunyi

لاَ أُقْسِمُ بِهَـذَا الْبَلَدِ

”Aku benar-benar bersumpah dengan kota ini (Mekah)”
Itulah Makkah, itulah Itulah Umul Qura’, itulah Bakkah, itulah Balad semuanya berarti kota Makkah yang memiliki keberkahan, kemulian dan keluhuran di sisi Allah dan RasulNya. Keberkahanya tidak pernah punah, kemulianya tidak pernah hilang, dan keluhuranya tidak bisa dikalahkan oleh kota manapun di muka bumi sampai hari kiamat.