ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 13 November 2013

Pernikahan antar kerabat dekat (Yang Dibolehkan / Tidak Dibolehkan??)

==============

Pernikahan antar kerabat dekat


Pertanyaan :
Asalamualaikum wr wb
Pernikahan yang masih sedarah, maksudnya yang masih kerabat dekat, sepupu semisal apa hukumnya? Adat orang dulu biasanya begitu, pernikahan sedarah yang bertujuan agar harta kekayaan yg dimiliki tidak berpindah kepada orang lain.

( Dari : Rach Nocturno Mad )


Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh

Dalam kitab-kitab fiqih dijelaskan, ada tiga sebab yang menjadikan wanita harom dinikahi oleh lelaki, salah satunya krena ada hubungan kekerabatan, wanita-wanita yang harom dinikah tersebut adalah sebagai berikut :

1. Ibu dan nenek dan seterusnya ke atas, dan diistilahkan dengan "ushulul insan" (asal mula manusia).

2. Anak dan cucu perempuan dan seterusnya ke bawah, dan diistilahkan dengan "furu'ul insan" (keturunan manusia).

3. Saudara kandung perempuan, baik seayah seibu, seayah, atau seibu. dan diistilahkan dengan "furu'ul abawain" (keturunan kedua orang tua).

4. Anak perempuan dari saudara kandung laki-laki, baik saudara seayah seibu, seayah atau seibu.

5. Anak perempuan dari saudara kandung perempuan, baik saudara seayah seibu, seayah atau seibu.

6. Bibik dari pihak ayah (ammah), yaitu saudara perempuan ayah, dan diistilahkan dengan "furu'ul jaddain min jihatil ab" (keturunan kakek nenek dari pihak ayah).

7. Bibik dari pihak ibu (kholah), yaitu saudara perempuan ibu, dan diistilahkan dengan "furu'ul jaddain min jihatil um" (keturunan kakek nenek dari pihak ayah).

Dalilnya adalah firman Alloh ;
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ أُمَّهَاتُكُمْ وَبَنَاتُكُمْ وَأَخَوَاتُكُمْ وَعَمَّاتُكُمْ وَخَالَاتُكُمْ وَبَنَاتُ الْأَخِ وَبَنَاتُ الْأُخْتِ

"Diharamkan atas kamu (mengawini) ibu-ibumu, anak-anakmu yang perempuan, saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara bapakmu yang perempuan, saudara-saudara ibumu yang perempuan, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan."
[QS. An-Nisaa’ : 23]
Jadi, selama kerabat dekat yang dinikahi tidak termasuk wanita yang dilarang untuk dinikahi, seperti sepupu (jawa ; misanan), maka pernikahannya sah.



Hanya saja menurut para ulama' disunatkan ketika memilih calon pasangan hidup agar mencari orang yang bukan kerabat dekatnya, seperti sepupunya sendiri. Dan disunatkan untuk menikahi wanita yang sama sekali tidak memiliki hubungan kekerabatan atau masih kerabat tapi kerabat jauh.

Alasannya, karena salah satu tujuan dari pernikahan adalah untuk menyambungkan hubungan antara orang-orang dari berbagai suku dan daerah yang berbeda sebagaimana dikatakan oleh Syekh Az-Zanjani, dan biasanya anak yang dilahirkan dari perkawinan antar kerabat dekat itu badannya kurus,  karena lemahnya syahwat seseorang terhadap orang yang masih kerabat dekatnya sendiri.

Kesimpulannya, pernikahan dengan kerabat dekat yang masih boleh dinikahi, seperti sepupu itu hukumnya sah, namun makruh. Wallohu a'lam

( Oleh : Kudung Khantil Harsandi Muhammad, Siroj Munir, Atiq Rahma dan Abdurrahman As-syafi'i )


Referensi :
1. Fathul Qorib, Hal : 230-231
2. Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 4  Hal : 26 -27
3. Syarah Al-Mahalli Alal Minhaj, Juz : 3  Hal : 208
4. Tuhfatul Muhtaj, Juz : 6  Hal : 184
5. Mughnil Muhtaj, Juz : 4  Hal : 206
6. Nihayatuz Zain, Hal : 300


Ibarot :
Fathul Qorib, Hal : 230-231


فصل : (والمحرمات) أي المحرم نكاحهن (بالنص أربع عشرة): وفي بعض النسخ «أربعة عشر»: (سبع بالنسب؛ وهن: الأم وإن علت، والبنت وإن سفلت). أما المخلوقة من ماء زنا شخص فتحل له على الأصح، لكن مع الكراهة، وسواء كانت المزنى بها مطاوعة أو لا. وأما المرأة فلا يحل لها ولدها من الزنا، (والأخت) شقيقة كانت أو لأب أو لأم، (والخالة) حقيقة أو بتوسط كخالة الأب والأم، (والعمة) حقيقة أو بتوسط كعمة الأب، (وبنت الأخ) وبنات أولاده من ذكر أو أنثى، (وبنت الأخت) وبنات أولادها من ذكر أو أنثى

Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 4  Hal : 26 -27

المحرمات بالقرابة
والمحرمات بسبب القرابة سبع، وهن
1ـ الأم، وأم الأم، وأم الأب، ويعبر عنهن بأصول الإنسان، فلا يجوز نكاح واحدة منهن
2ـ البنت، وبنت الابن، وبنت البنت، ويعبر عنهن بفروع الإنسان، فلا يجوز نكاح واحدة منهن
3ـ الأخت، شقيقة كانت، أو لأب، أو لأم، ويعبر عنهن بفروع الأبوين، فلا يجوز نكاح واحدة منهن أبدا
4ـ بنت الأخ الشقيق، وبنت الأخ لأب، أو لأم، فلا يجوز نكاحهن
5ـ بنت الأخت، شقيقة كانت، أو لأب، أو لأم، فهن حرام لا يجوز نكاحهن أبدا
6ـ العمة، وهي أخت الأب، ومثلها عمة الأب، وعمة الأم، ويعبر عنهن بفروع الجدين من جهة الأب، فلا يجوز نكاحهن بحال
7ـ الخالة، وهي أخت الأم، ومثلها خالة الأم وخالة الأب ويعبر عنهن بفروع الجدين من جهة الأم، فلا يجوز نكاحهن أبدا
وفي حرمة هؤلاء كلهن نزل قوله تعالى: {حرمت عليكم أمهاتكم وبناتكم وأخواتكم وعماتكم وخالاتكم وبنات الأخ وبنات الأخت ... .. } [النساء: 23

Syarah Al-Mahalli Alal Minhaj, Juz : 3  Hal : 208
ويستحب دينة بكر نسيبة ليست قرابة قريبة
.............................
ليست قرابة قريبة) ، بأن تكون أجنبية أو قرابة بعيدة لضعف الشهوة في القريبة، فيجيء الولد نحيفا

Tuhfatul Muhtaj, Juz : 6  Hal : 184
ليست قرابة قريبة) لخبر فيه النهي عنه وتعليله بأن الولد يجيء نحيفا لكن لا أصل له، ومن ثم نازع جمع في هذا الحكم بأنه لا أصل له وبإنكاحه - صلى الله عليه وسلم - عليا كرم الله وجهه ويرد بأن نحافة الولد الناشئة غالبا عن الاستحياء من القرابة القريبة معنى ظاهر يصلح أصلا لذلك، والمراد بالقريبة من هي في أول درجات الخؤولة والعمومة، وفاطمة بنت ابن عم فهي بعيدة ونكاحها أولى من الأجنبية لانتفاء ذلك المعنى مع حنو الرحم

Mughnil Muhtaj, Juz : 4  Hal : 206
وما ذكر من أن غير القريبة أولى هو ما صرح به في زيادة الروضة، لكن ذكر صاحب البحر والبيان أن الشافعي نص على أنه يستحب له أن لا يزوج من عشيرته، وعلله الزنجاني بأن من مقاصد النكاح اتصال القبائل لأجل التعاضد والمعاونة واجتماع الكلمة. اهـ


Nihayatuz Zain, Hal : 300
و يكره نكاح القرابة القريبة و هى من فى اول درجات النساء اللاتى تحل لان نحافة الولد الناشئة غالبا عن الاستحياء من القرابة القريبة معنى ظاهر يصلح اصلا للكراهة
 
sumber:http://www.fikihkontemporer.com/2012/11/pernikahan-antar-kerabat-dekat.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar